DCDC Music Chart - #3rd Week of December 2020

DCDC Music Chart - #3rd Week of December 2020

Masuk minggu ketiga bulan Desember, music director dari DCDC Radio, Angga Kusuma (Asiaminor, Taring) kembali memilih dan mengulas lima band DCDC ShoutOut! untuk masuk di jajaran DCDC Music Chart. Siapa saja yang ada di daftar minggu ini? Mari disimak karya-karyanya!

Fourteens - "Satu Suara"

Fourteens merupakan sebuah band bergenre pop punk yang berasal dari kota Jakarta. Meskipun didalam membuat sebuah karya memiliki perbedaan diantara personilnya, namun Fourteens tetap mencoba menyatukan perbedaan tersebut melalui kemasan musik mereka. Dari kekuatan lirik, sound gitar, hingga dentuman drum yang disesuaikan, mereka mencoba meramu resep musik dengan chemistry yang kuat antar personilnya. Neck Deep, State Champs, For Your Strong, New Found Glory, Blink 182, dan All Time Low menjadi band-band yang cukup berpengaruh dalam cara mereka meramu karya.

 

Decemberism - "Falling Forward"

Decemberism adalah sebuah unit pop punk/emo asal Sidoarjo, Jawa Timur yang terbentuk pada akhir tahun 2017, oleh Lambang Akbar Ramadhan (vokal/gitar), Wardanu Kurniawan (drum), dan Armand Maulana (bass). Dari 3 personel tersebut mereka merilis demo berisi 2 lagu pada tahun 2018. Nama Decemberism sendiri terinspirasi dari salah satu lagu Man Overboard dalam album The Human Highlight Reel. Seiring berjalannya waktu Decemberism mengalami sedikit pendewasaan materi dari yang sebelumnya terdengar aroma pop punk ‘generic’ menjadi lebih ke nuansa pop punk/emo.

 

Pyongpyong - "Kurang Piknik"

Terbilang lama malang melintang di skena musik Semarang dan beberapa daerah di Jawa Tengah, grup pop punk Pyongpyong sudah berdiri sejak periode awal 2000-an, di mana mereka bahkan masuk dalam beberapa album kompilasi, salah satunya Berpacu dalam Melodic (Proton Records, 2005) dengan lagu andalannya yang berjudul “My Wife is a Lesbian”. Pada 2015, mereka memutuskan hiatus, sampai akhirnya kembali lagi pada tahun 2017 dengan merilis single “Kurang Piknik”. Dengan perilisan singgel tersebut, Pyongpyong pun menegaskan bahwa mereka belum habis. Sisa-sisa bahan bakar masih bisa disulut api dan mereka juga sudah bersiap menindaklanjuti resureksi ini.

 

Tinky Winky - "Dedikasi dan Ambisi"

Tinky Winky merupakan sebuah asal Depok yang terbentuk pada tahun 2012 lalu. Menjalani karir hampir satu dekade band ini sudah menghasilkan tiga buah album dan satu mini album. Salah satu yang kemudian memunculkan nama mereka ke permukaan adalah single berjudul “Dedikasi dan Ambisi”, yang minggu ini terpilih masuk DCDC Music Chart. Delapan tahun berkarir band ini sudah menjajaki beberapa kota di Indonesia, dan dengan amunisi lagu-lagunya, bukan tidak mungkin band ini bisa menjadi the next big thing, khususnya di ranah musik pop punk.

 

Doodle Time Stories - "Melepaskanmu"

Doodle Time Stories merupakan sebuah band asal Jakarta yang terinspirasi oleh banyak band seperti State Champs, NFG, Bodyjar dan Neck Deep. Berbicara tentang sejarah band itu sendiri, DTS sebenarnya diawali dengan nama “Dead time Stories” namun karena namanya seperti merujuk pada metal-ish dan minim unsur Pop-Punk, mereka memutuskan untuk mengganti nama menjadi “Doodle Time Stories” Tanpa menghilangkan seluruh nama band. Seiring berjalannya waktu, pada tahun 2017 lalu mereka merilis full album pertamanya yang berjudul Love, Life and Every Inch of The Stories, dan salah satu lagu yang terdapat di dalamnya berjudul “Melepaskanmu”, yang minggu ini terpilih masuk DCDC Music Chart.

 

DCDC Radio mengudara setiap hari dan DCDC Music Chart akan diperbarui setiap minggu. Pantau terus DCDC Radio dan DCDC Music Chart dan dengarkan karya dari band-band independen berkualitas di tanah air. Daftarkan juga band kalian di DCDC ShoutOut! dan dapatkan kesempatan di berbagai program milik DCDC!

BACA JUGA - DCDC Music Chart - #2nd Week of December 2020


DCDC RADIO MUSIC DIRECTOR

ANGGA KUSUMA (minorstrings@gmail.com)

Angga Kusuma atau yang lebih akrab dipanggil Angga adalah seorang musisi independen yang berasal dari kota Bandung. Ia aktif sebagai gitaris di berbagai proyek musik, seperti di Asiaminor, Taring dan Janevalla.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner