Dari Lagu Tanpa Suara Hingga Lagu Terpanjang di Dunia : Musik Memang Unik!

Dari Lagu Tanpa Suara Hingga Lagu Terpanjang di Dunia : Musik Memang Unik!

Musik dan segala macam pola kreasi serunya akan selalu menarik untuk disimak, termasuk dengan fakta unik dari musisi/band-band ini. Penasaran? Simak artikel di bawah ini

Lagu Tanpa Suara

Pada Tahun 1952 seorang komponis musik klasik bernama John Cage membuat sebuah proyek yang fenomenal nan kontroversial, saat dirinya berupaya membuktian tentang adanya konsep dikotomi bunyi dan sunyi. Dia mendekonstruksi konsep bunyi-sunyi, dengan menghadirkan pertunjukkan orkestra diam pada ratusan orang yang menghadiri penampilannya, dimana seluruh pemain instrumen dalam orkestra itu hanya diam tanpa memainkan alat musiknya. Bahkan Cage selaku dirigen juga terdiam dan membisu.

Lewat pertunjukan itu lahirlah sebuah komposisi berjudul ”4:33”, yang kemudian menjadi terkenal karena dianggap jadi sebuah temuan baru di dunia musik. Menurut Cage, kosong, sunyi, tak bersuara, titik nol, netral, tak berpihak, semuanya hanya persepsi.

“Jika ada seseorang yang memposisikan dirinya dalam sebuah kekosongan dan kenetralan, itu hanya persepsi mentalnya, yang berusaha menempatkan diri di luar titik-titik biner yang dia persepsikan ada”, ujar Cage.

Uniknya, hal tersebut rupanya mendorong beberapa musisi seperti Boards of Canada, Coheed and Cambria, Soulfly, John Lennon & Yoko Ono, hingga Soundgarden jadi ikut mendekonstruksi konsep bunyi-sunyi tersebut, dimana menurut mereka kesunyian itu justru mampu menerjemahkan musiknya itu sendiri.

Lagu-lagu seperti “Magic Window”, “A Lot of Nothing”, “91101”, "Two Minutes Silence”, dan “One Minute Of Silence” yang disajikan oleh para musisi di atas, pada akhirnya menorehkan catatan akan eksplorasi musikal yang lebih jauh dari sebuah lagu tanpa lirik, karena lagu-lagu tersebut bahkan disajikan tanpa suara.

Konser Musik Paling Berisik di Dunia

Konser musik yang disajikan dengan berisik tentunya menjadi hal yang lumrah terjadi, karena selain beberapa musisi/band memang menyuguhkan genre musik dengan tingkat ‘keberisikan’ yang maksimal, hal tersebut dikuatkan juga dengan olah suara/sound system ribuan watt, hingga wajar saja jika pada outputnya terdengar sangat berisik. Namun sedikit berbeda dengan empat konser musik berikut ini. Selain disajikan dengan olah suara yang ‘berisik’, empat konser musik ini juga dinobatkan sebagai konser musik paling berisik di dunia. Nama-nama band seperti Manowar, KISS, hingga Motorhead mencatatkan namanya menjadi band dengan konser musik paling berisik di dunia.

Pada tahun 1984, band Manowar ingin membuat rekor baru dengan konser terberisik sedunia, dan Guinness World Record pun memberikan mereka penghargaan dengan konser mereka dengan penghargaan tersebut. Namun, mereka harus segera menghentikan konsernya kala itu karena ditakutkan dapat membuat orang-orang atau pengunjung jadi tuli.

Senada dengn Manowar, band KISS punya cerita yang sama kala grup musik ini manggung di festival Bluesfest di Ottawa, Amerika Serikat, pada tahun 2009 lalu. Kala itu, decibels maksimal yang dapat dimainkan hanyalah 90dB, namun db mereka mencapai 136dB. Para petugas langsung meminta mereka untuk mengecilkan volume.

Yang terakhir ada Motorhead yang juga dinobatkan sebagai grup musik yang menggelar konser terberisik di dunia. Tepatnya pada tahun 1986 kala Motorhead manggung di konser Cleveland Variety Theatre. Saat itu dinding di atap-atap langsung retak. Karena itu, para petugas keamanan langsung meminta gedung tersebut untuk ditutup untuk beberapa waktu demi keamanan.

Lagu Terpanjang di Dunia

Dari lagu tanpa suara, konser terberisik di dunia, keunikan di dunia musik terjadi pula pada durasi sebuah lagu. Tercatat ada lagu terpanjang di dunia yang bisa dimainkan dengan durasi selama 1000 tahun. Personel dari grup The Pogue, Jem Finer, adalah sosok dibalik lagu ini. Jadi, lagu berjudul Longplayer karya Jem Finer ini awalnya cuma punya durasi putar selama 20 menit 20 detik aja. Namun berkat bantuan algoritma komputer dan penambahan beberapa variasi, lagu ini bisa dimainkan sampai 1.000 tahun tanpa berhenti dan tidak bakal berulang. Lagu ini sendiri pertama kali dimainkan pada 1 Januari 2000 silam dan dikabarkan baru akan selesai dimainkan pada 31 Desember 2999. Untuk yang tertarik mendengarkan lagu ini, kalian bisa mendengarkannya di Millennium Dome, London, Inggris.

Lagu Terpendek di Dunia

Kebalikan dari fakt unik di atas, lagu dari band death metal, Napalm Death mencatatkan namanya sebagai band yang mempunyai lagu terpendek di dunia. Berdasarkan artikel The Guardian, lagu itu berdurasi di bawah 5 detik, atau tepatnya sekitar 1,316. Uniknya, lagu itu hanya memiliki lirik yang singkat; 'YOU!'. Dalam sebuah wawancara, pihak Napalm Death menyebut bahwa lagu ini sebenarnya buat bercanda. Sang gitaris, Justin Broadrick menyebutkan bila lagu nini konyol tapi menyenangkan.

Empat fakta unik dari dunia musik di atas menandakan jika musik dan segala macam pola kreasi serunya akan selalu menarik untuk disimak. Coklatfriends ingin menambahkan fakta unik lainnya? Silakan tulis di kolom komentar ya.

*Sumber : https://hai.grid.id/ & https://www.indozone.id/

BACA JUGA - Pentingnya Eksplorasi Dalam Bermusik

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner