Musik Sebelum Tidur

Musik Sebelum Tidur

By: Esadewo

Siapa yang tidak menginginkan tidur yang sangat efektif untuk me-refresh segala lelah dan penat yang telah dialami dalam keseharian. Namun, banyak faktor – faktor yang membuat kita sulit untuk mendapatkan tidur yang nyenyak atau efektif. Banyak orang memilih jalan pintas dengan obat tidur, namun hal tersebut dapat menyebabkan efek samping yang merugikan bagi kesehatan tubuh.

Dewasa ini, banyak orang – orang bermasalah dengan tidur, seperti pada riset yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Taiwan yang meneliti tentang 60 orang dewasa dengan pola tidur yang bermasalah. Para ilmuwan menjelaskan bahwa mendengarkan musik yang santai sebelum tidur dapat membuat kita tidur nyenyak.

Mendengarkan musik santai sebelum tidur dapat menyebabkan perubahan fisik yang membantu kita untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan efektif. Saat mendengarkan musik santai detak jantung secara bertahap mengikuti irama musik tersebut, tapi diusahakan musik tersebut berdurasi sekitar 8 menit atau lebih karena akan memakan waktu 5 menit untuk proses penyesuaian detak jantung dengan irama musik. Penurunan detak jantung ini juga berpengaruh pada penurunan tekanan darah.

Sumber :

http://news.bbc.co.uk/2/hi/health/4228707.stm

http://www.apartmenttherapy.com/listen-to-the-most-relaxing-song-ever-170097

Foto: Istimewa

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner