Teknik Dasar Bermain Double Pedal

Teknik Dasar Bermain Double Pedal


Kita bakalan bahas nih teknik double pedal belajar drum seperti apa tapi cuma sekedar dasarnya aja hihihi, mungkin sedikit berguna bagi kamu yang pengen banget jadi drummer handal, siapa tahu bisa kaya Mike Portnoy (Dream Theather) atau siapapun idola kamu, katanya sih belajar drum itu jangan terpaku banget sama notasi atau teknik tertentu!penasaran kan?berikut ulasannya.

Permainan double pedal tidak dapat anda pelajari hanya dengan membaca notasi karena untuk memainkan teknik double pedal perlu suatu teknik yang susah didapat dengan sendirinya, untuk memainkan double pedal perlu keseimbangan badan, kordinasi yang baik, serta kontrol sepertinya mudah untuk memainkan double pedal pada sebagian pemain drum, tetapi jika tidak menggunakan teknik, mereka tidak akan merasa nyaman. Banyak orang beranggapan, pemain drum yang dapat memainkan double pedal dengan lama  orang yang mempunyai stamina tinggi. Pendapat seperti itu tidak seluruhnya benar karena jika anda memainkan double pedal dengan teknik yang benar anda tidak akan cepat lelah saat memainkannya.

Dua macam teknik memainkan teknik double pedal, teknik menginjak pedal bass drum,yaitu teknik heel down,tumit menempel dan teknik heel up,tumit diangkat. Heel down merupakan teknik yang salah dalam memainkan permainan teknik double pedal, karena jika anda menginjak pedal dengan teknik ini maka beater pedal akan tenggelam di drumhead bass drum atau menempel di bass drum. Suara bass drum jadi tertahan.oleh karena itu teknik heel down tidak cocok untuk memainkan double pedal. bahkan dapat di katakan, tidak mungkin kita memainkan teknik double pedal dengan menggunakan teknik ini, dan tidak ada drumer yang memainkan teknik ini.

Teknik heel up adalah posisi yang benar untuk memainkan double pedal. Tumit diangkat, posisi kaki dimundurkan hampir di ujung pedal. Posisi kaki ini berguna untuk memanfaatkan pegas pada pedal sehingga saat menginjak pedal, secara otomatis beater pedal akan terpental kembali karena mengandalkan pegas yang ada di pedal.Jadi,dengan menggunakan teknik heel up, kita tidak perlu bersusah payah lagi mengangkat kaki untuk menginjak pedal karena kaki dengan sendirinya terangkat oleh pegas pedal. kaki bertugas menginjak, meginjak dan menginjak sehingga anda sama sekali tidak menggunakan energi untuk mengangkat kaki. Cara ini tidak akan membuat anda cepat lelah.

Jika dirumah tidak ada drumkit, maka kita dapat berlatih dengan visualisasi drumming atau membayangkan kita sedang duduk di belakang sebuah drumkit. Cukup duduk santai di kursi dan bayangkan ada drumkit di depan anda.

Pertama, mulailah gerakkan pedal dari kaki kiri lalu kanan dengan pola LR LR LR (Left-right) selama 1 menit, setelah itu kembangkan menjadi LLRR LLRR, karena pada saat belajar Double Pedal kaki kiri harus sering dilatih agar lemas dan tidak kaku.

Selain Pola diatas kamu juga dapat menggunakan pola berikut : RLRR LRLL RLRR LRLL & LLLR RLLL LLLR RLLL, atau buatlah Pola yang kamu suka.
Kedua, gunakanlah Metronome untuk mengatur Tempo (Jika anda memulai belajar Double Pedal, mulailah dari Tempo yang lambat, kalau sudah terbiasa naikkan Tempo Dengan bertahap), metronome akan sangat membantu dalam melatih kecepatan kaki. Berlatihlah setiap hari dengan santai dan cukup minimal 30 menit, jangan kamu paksakan jika kondisimu tidak Fit. Jika kamu sudah lancar & Stabil memainkan Double Pedalnya, kembangkanlah dengan snare drum & cymbal, eh ya satu lagi, Posisi duduk juga mempengaruhi dalam permainan Double Pedal, jadi aturlah posisi dudukmu senyaman mungkin untuk berlatih Double Pedal. Selamat berlatih ya!

 

Sumber : http://blogekayakiye.blogspot.com/2012/10/teknik-dasar-bermain-double-pedal.html

Foto : Istimewa

Cek tutorialnya di link ini :

http://www.youtube.com/watch?v=chYBsJg6jxw

http://www.youtube.com/watch?v=3lkZPJES45Q

http://www.youtube.com/watch?v=tNg_9b8FBhA

COMMENTS

You must be logged in to comment.

RELATED NEWS

Website ini hanya diperuntukkan bagi Anda yang berusia 18 tahun ke atas.