Budi Cilok : “Saya Tidak Berniat Melepaskan Iwan Fals”

Budi Cilok : “Saya Tidak Berniat Melepaskan Iwan Fals”

“kalau ada pertanyaan apakah saya ada niatan buat lepas dari Iwan Fals, maka jawaban saya itu tidak ada. Tidak ada niatan ingin melepas Iwan Fals atau nempel ke Iwan Fals”

Bicara Budi Cilok, selain cukup sering diidentikan dengan Iwan Fals berkat karakter suaranya, dia juga erat kaitannya dengan ‘duta lingkungan hidup’, mengingat dirinya terbilang concern dengan isu lingkungan hidup, seperti sampah contohnya. Ditemui disela-sela syuting DCDC Musikkita, Bucil (kependekan dari Budi Cilok) menuturkan tentang dirinya yang kerap dihubungkan dengan isu lingkungan hidup.

“saya harus mulai peduli dengan lingkungan, karena kalau saya sendiri tidak peduli dengan lingkungan saya akan selamanya ikut rusak dengan lingkungan itu. Kampung saya itu setahun sekali kena banjir, sampai akhirnya saya berpikir kalau saya tidak boleh diam dan saya harus cari cara, meskipun kecil, tapi terus saya lakukan”, ujarnya.

Kepedulian Budi Cilok terhadap isu lingkungan ini pada akhirnya juga berbuah pada karya-karya. Lagu-lagu yang dia tulis tidak sedikit yang dilatari hal tersebut. Mendapat respon positif, karya-karyanya tersebut kemudian berbuah manis ketika menjadi sebuah komunitas bernama Anak Kali Citarum. “komunitas itu merupakan orang-orang yang memang peduli dengan isu lingkungan, yang sekarang lagi giat membersihkan sungai-sungai kecil yang tembus ke Citarum. Sampai sekarang progresnya bagus banget, dan membuat saya optimis menuju lebih baik lagi kedepannya”, ujar Budi Cilok.

Melahirkan cukup banyak single serta lima buah album dalam perjalanan bermusiknya, Budi Cilok banyak mengetengahkan cerita-cerita personal, di mana soal lingkungan kerap menjadi ‘menu utamnya’.  Menariknya, bahkan ketika dirinya menulis tentang lagu cinta sekalipun, tetap menyisipkan isu lingkungan dalam penulisan liriknya. “niatnya bikin lagu cinta, tapi jadinya kaya cinta lingkungan”, ujarnya seraya tertawa.

Budi Cilok yang juga kerap dihubungkan dengan Iwan Fals mengaku jika dirinya tidak ada niatan untuk nempel atau lepas dari sosok legendaris tersebut. “kalau ada pertanyaan apakah saya ada niatan buat lepas dari Iwan Fals, maka jawaban saya itu tidak ada. Tidak ada niatan ingin melepas Iwan Fals atau nempel ke Iwan Fals. Karakter ini terbentuk juga tidak dipungkiri karena pada awalnya juga saya merupakan penggemar Iwan Fals. Saya ikut OI dari awal. Karya-karyanya cukup berpengaruh dalam kehidupan saya. Saya tahu tentang pertemanan atau hormat sama orang tua juga berkat lagu-lagunya bang Iwan”, ujar Budi Cilok menjelaskan tentang keterikatannya dengan Iwan Fals.

Bicara tentang Iwan Fals, ada satu cerita menarik dialami Budi Cilok ketika dirinya sedang launching album ketiganya yang berjudul Sewajarnya di Kemang, Jakarta. Kala itu Iwan menonton dan didaulat naik ke atas panggung dan ikut bernyanyi. “pertemuan dengan Iwan sebenarnya sudah sering, karena saya dulu pengikut dia banget. Jadi kemana aja dia konser saya pasti ikut. Tapi sampai akhirnya dia bisa nyanyi bareng di launching album saya jadi ha yang membanggakan juga. Apalagi album itu digarap sama musisi-musisi yang biasanya mengiri Iwan Fals kalau lagi manggung”, ujarnya.

BACA JUGA - Sarah Saputri : “Saya Harus Terus Bergerak Untuk Musik”

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner