Bayi Nakal Swiss Van Java

Bayi Nakal Swiss Van Java

By: Karel

Band asal Garut ini dimulai sebuah obrolan ringan dari Helmi (bass) dan Hazmi (vokal) pada bulan Juni 2012 berbicara membahas seputar musik. Hazmi yang menyukai musik punk rock maupun grunge, dan Helmi yang menyukai rock ‘n roll. Mereka saling bertukar pendapat tentang kesukaannya masing-masing. Hingga akhirnya mereka mendapat ide untuk membuat sebuah band yang berwarnakan rock dengan balutan punk dan grungeHazmi yang sedari dulu sudah sering membuat lagu menyarankan untuk memasukkan lagu-lagunya ke band ini. Namun untuk merealisasikan hal itu mereka butuh pemain gitar dan drum. Maka Helmi merekomendasikan Deni (gitar) yang memiliki teknik bermain dengan bluesy dan Bambang (drum) yang bergelut di musik funk, dari bandnya yang terdahulu Rythm Cosmic. Namun Hazmi dan Helmi belum mengkonfirmasi mereka untuk menjadi personil band ini.

Setelah Helmi dan Hazmi mengkonsep tentang band yang akan dijalaninya, mereka mencari sebuah nama untuk semua ini. Dari mulai nama H.O.A.X. grup musik Hazmi sebelumnya bersama Bambang, sampai beberapa nama lainnya. ELBABO yang pada akhirnya nama dipilih, dengan alasan nama ini dapat mewakili mimpi tiap personilnya. ELBABO ini berasal dari kalimat “Like a Baby Born” yang mempunyai arti perjuangan dari lahir atau dari awal. Dengan harapan band ini bisa tumbuh menjadi “dewasa” seperti semangat bayi yang mulai belajar berjalan dan terjatuh. Tetapi semangatnya tak pernah pudar hingga ia mampu berjalan, tumbuh menjadi anak, berlari, bernyanyi, bermain, sampai ia dewasa, dan mandiri. Akhirnya Agustus 2013, ELBABO menjadi nama band yang mereka sepakati. Hazmi mempunyai keinginan merekam lagu-lagunya untuk dijadikan sebuah full length. Helmi pun menyepakati dengan menyarankan untuk rekaman di tempat temannya agar biaya bisa lebih hemat. Helmi pun mengajak Deni dan Bambang untuk ikut rekaman sekaligus menjadikan personil tetap di band ini.

Akhirnya kelompok dari kawasan Swiss Van Java ini membuat beberapa lagu tambahan dengan komposisi musik berbeda dari tiap-tiap personilnya. Hazmi dengan punk dan grunge-nya, Helmi dengan rock ‘n roll-nya, Deni dengan blues-nya, dan Bambang dengan funky-nya. Mereka berempat memutuskan untuk mengkombinasikan genre-genre tersebut (cross genre). Maka jadilah musik-musik ELBABO. Sampai akhirnya rekaman pun dilaksanakan pada bulan Desember 2013 dan selesai awal Januari 2014. Dalam proses rekaman ini mereka merekam sepuluh lagu untuk dibuat album. Rilisannya ini diberi tajuk “Son of a B**ch” dengan alasan lagu-lagu pada album ini berisikan sindiran (sarkasme) tentang cinta dan kenakalan remaja. Album pun selesai direkam dan mereka pun sepakat untuk mencetak CD album ini tanpa mereka mengetahui cara bagaimana album ini dipasarkan.

Mereka berharap album ini laku dipasaran walaupun pada dasarnya band ini tidak pernah melakukan promosi karena konsep yang tidak matang. Band ini pun vakum untuk sementara. Namun tiap personilnya memiliki kegiatan masing-masing. Helmi sibuk dengan band sebelumnya DROP OUT yang bergenre hardcore. Sementara Deni dan Bambang sibuk dengan kuliahnya. Hazmi pun sempat manggung dengan band kampusnya yang bernama B.I.B.L.E. yang bergenre post grunge. B.I.B.L.E. ini, manggung di sekitaran kampus. Pada akhirnya salah satu personil band itu (Fikri M. Rajabi) menjadi orang yang ikut membantu ELBABO untuk menyusun agenda kegiatan keseluruhan band ini.

Setahun setelah pencetakan album dulu, akhirnya pada Desember 2014 ELBABO tampil untuk pertama kalinya. Mengikuti acara festival band di UNIGA Garut dan menang dengan memperoleh juara ke-2. Band ini pun memulai debutnya dengan harapan bisa lebih baik lagi. Lalu mereka mengikuti audisi festival yang diselenggarakan oleh Peace Generation salah satu komunitas perdamaian dunia yang diadakan di Pizzalogy Ciwalk, Bandung pada bulan Januari 2015. Mereka pun lolos dengan peringkat ke-2 (lagi) dan berkesempatan menjadi band pembuka di acara Peacetival pada tanggal 10 di bulan yang sama untuk penampilan band dari Kanada yang sebelumnya menjadi juri audisi. Yakni Air Marshal Landing (AML-Canada). Peacetival ini adalah acara pertama komunitas perdamaian dunia (Peace Generation) yang diadakan di Indonesia.

Contact:

Band camp : Jl.Mbah Jaksa. No 309 RT 02 RW 12 Ds.Cipadung Kec.Cibiru,.Bandung .

089671911744 (Fikri )

E-mail : onlyfikrirajabi@gmail.com

Twitter : @ELBABOmusic

FB: ELBABO

Reverbnation: ELBABO

 

Foto: ELBABO Docs.

                                                                                                                       

 

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner