Bahas Macam Warna Suara: White, Pink, Brown dan Blue Noise

Bahas Macam Warna Suara: White, Pink, Brown dan Blue Noise

WHITE NOISE

White noise adalah warna suara yang paling familiar dan sering digunakan oleh kebanyakan manusia. Hal ini disebabkan karena white noise berada di frekuensi yang dapat didengar oleh setiap orang (antara 20 Hz hingga 20.000 Hz). White noise adalah suara yang konsisten, statis dan memiliki potensi untuk menghalangi suara-suara di luar white noise itu sendiri. Jika digambarkan dalam kurva, white noise memiliki spektrum frekuensi yang datar.

Konsistensi dari suara white noise ini lah yang membuat pendengarnya bisa lebih fokus atau tertidur lebih cepat. Untuk itu, white noise sering disebut juga sebagai sleep sound. Contoh white sound adalah suara radio atau televisi statis. Tapi, perlu diperhatikan pula bahwa tidak semua orang bisa nyaman ketika mendengarkan white noise. Pastikan dulu apakah kamu tidak merasa terganggu dengan white noise sebelum mempergunakannya di kehidupan sehari-hari.
 

PINK NOISE

Berbeda dengan white noise, pink noise didefinisikan sebagai suara yang memiliki frekuensi campuran antara high dan lowPink noise juga sering didefinisikan sebagai suara yang terdengar lebih "tebal", seperti white noise dengan sedikit suara bass. Nyatanya, pink noise sering kita jumpai sehari-hari, contohnya seperti suara hujan deras atau deburan ombak. Dari sana, bisa terbayang bahwa efek pink noise adalah menenangkan dan termasuk juga pada kategori sleep sounds. Beberapa penelitian bahkan mengatakan bahwa pink noise berguna untuk meningkatkan durasi manusia untuk masuk dalam fase deep sleep dan meningkatkan kemampuan otak untuk menyimpan memori.

Frekuensi yang lebih rendah ketimbang white noise membuat pink noise tidak "sebising" white noise. Berkat frekuensi yang dimiliki pink noise, warna suara ini juga bisa menahan distraksi suara lain ketika kamu sedang berusaha tertidur. Contohnya, jika kamu hidup di tengah perumahan padat yang berisik, pink noise bisa menyamarkan suara-suara tersebut agar kamu tetap fokus pada satu suara konstan yang membuatmu lebih nyaman untuk terlelap.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner