"Arti Kawan: Solidaritas Babaturan", bahwa Kuatnya Ikatan Mereka Tidak Sebatas Isu

Area yang biasanya dipakai untuk jajaran kursi dan meja disulap menjadi panggung sederhana, berukuran lebih kurang 3x2 meter dengan backdrop bertuliskan “Arti Kawan: Solidaritas Babaturan” sebagai penanda bahwa di situ lah acara yang bersifat kemanusiaan ini akan berpusat. Penonton yang hadir memadati sekitaran panggung, berlomba menemukan spot terbaik untuk menyaksikan rangkaian acara. Tujuan utama dari acara ini adalah mengumpulkan donasi untuk meringankan beban pengobatan dari kawan-kawan yang mengalami kejadian tempo hari. Meski begitu, acara ini dikemas dengan sangat santai dan penuh dengan tawa.

Bergantian, beberapa musisi yang mendukung acara ini naik ke atas panggung untuk melakukan jamming dalam format akustik sembari disisipi candaan “khas Bandung” yang tentu menggelitik semua yang hadir. Di tengah-tengah penampilan para musisi handal ini, kotak donasi diestafetkan pada penonton, memberi kesempatan untuk mereka yang hadir bisa turut meringankan beban kawan-kawan termasuk Yukie yang masih dalam tahap penyembuhan. Selain donasi, mereka juga mengadakan lelang yang hasilnya tentu diberikan pada Yukie dan kru lain yang membutuhkan.

Teman-teman musisi yang mendukung terselenggaranya acara ini memberikan beberapa barang yang sifatnya cukup langka atau memiliki nilai historis yang tinggi untuk kemudian dilelang di acara tersebut, seperti gitar, poster, kaus bertanda tangan dan lain-lain. Penawar harga tertinggi berhak mendapatkan barang yang ia tawar. Malam itu, angka penawaran mencapai titik yang cukup fantastis, hingga mencapai jutaan rupiah. Ini menjadi salah satu tolak ukur bahwa kawan-kawan yang hadir memang ingin memberikan dukungan dan bantuan yang total kepada Yukie dan kawan-kawan korban kecelakaan lainnya.

Selain itu, ada juga sistem lelang yang cukup menarik. Mengingat banyak sekali musisi yang hadir dan dengan sukarela meramaikan acara ini, mereka semacam membuka request untuk memainkan lagu-lagu yang diminta oleh khalayak. Request ini kemudian dilelang, dan penawar tertinggi berhak untuk menikmati lagu yang dimainkan oleh para musisi handal yang ada di acara tersebut.

Tak hanya donasi dan lelang, tentu suguhan yang sifatnya menghibur juga hadir di sana. Candaan, free-style rap dari Ebith Beat A atau lagu dadakan buatan Gebeg sukses mengocok perut penonton yang hadir. Tidak lupa juga, beberapa lagu favorit keluaran PASband dimainkan oleh personil PASband dan para musisi yang hadir. “Kesepian Kita” menjadi anthem yang sontak membuat seluruhnya bernyanyi bersama, seraya mendoakan kesehatan dari Yukie dan kawan-kawan korban kecelakaan yang lain.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner