Apakah Pop Punk adalah Anak Tiri Musik Punk?

Apakah Pop Punk adalah Anak Tiri Musik Punk?

Pada perkembangannya, punk hanya menyisakan turunan genre musiknya tanpa hal-hal esensial kala punk pertama kali dibuat.

Untuk orang-orang  yang mengenal punk lewat sebuah pergerakan yang disuarakan lewat musik, punk pada akhirnya menjadi corong tempat mereka bersuara, menyuarakan keresahannya akan banyak hal yang tidak beres di sekitarnya. Dari mulai otoritas pemerintahan sampai hal-hal yang mengusik kenyamanan mereka dalam menjalani kesehariannya. Mereka berjejaring kala kata "anarki" mereka terapkan sebagai bentuk penolakan sistem yang dibentuk “orang-orang berdasi” yang menginjak hak hidup orang kecil, lewat sebuah trik politik, dan segala macam perniknya yang condong ke atas tersebut.

Namun pada perkembangannya, secara musikalitas punk hanya menyisakan turunan genre musik tanpa hal-hal esensial kala punk pertama kali dibuat. Salah satu yang paling popular dari turunan musik punk ini adalah pop punk, atau ketika era 1990 - 2000an awal dikenal juga dengan istilah melodic punk, yang mengarah pada pola pemilihan nada vokal yang melodius, dengan harmonisasi musik yang ringan dimainkan, dan mencangkup tema-tema remaja dalam kesehariannya. Mulai dari kehidupan perkuliahan, sampai problematika sejuta umat manusia perihal cinta.

Setidaknya, ada dua tema besar yang paling sering mengisi lagu-lagu pop punk tersebut, pertama tentang kenakalan remaja yang mungkin banyak terpengaruh American freedom yang dipopulerkan (salah satunya) oleh grup musik blink-182. Kedua tentang persoalan asmara remaja era awal perkuliahan, yang juga sering diistilahkan dengan sebutan “college punk”. Dua tema ini cukup popular untuk remaja belasan tahun, yang bisa dibilang masih ada di fase pencarian jati diri tersebut, dan merasa terwakili dengan dua tema besar ini.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner