Album-Album yang Terinspirasi Dari Seseorang

Album-Album yang Terinspirasi Dari Seseorang

Album yang terinspirasi dari seseorang ini jika didengarkan lebih dalam lagi, bisa jadi sebuah kisah menarik dengan gaya story telling pada penulisan liriknya. 

Maroon 5, sebuah band asal Amerika Serikat, pernah melahirkan album berjudul Songs About Jane. Album ini berkisah tentang kisah cinta Adam Levine, vokalis band Maroon 5, dengan mantan kekasihnya bernama Jane. Lagu-lagu yang ada dalam album tersebut runut berkisah dari awal mereka pacaran sampai putus hubungan. Sedikit mengingatkan pada album My Diary nya band Mocca, yang juga berkisah tentang perjalanan kisah asmara dua anak manusia, yang ditangkap Arina, vokalis dan penulis lirik band Mocca, layaknya sebuah buku diary.

Dari dua contoh album di atas, beberapa orang musisi yang terdiri dari Arini Kumara, Christian Bong, Cindy Clementine, Arnold Pontoh, Evan Asher, Reza Bima pada drum, dan Monica Dyah Paramitha, membuat sebuah album yang terinspirasi dari perjalanan Ibu Negara Indonesia pertama, Fatmawati, yang tertuang dalam sebuah karya musik berjudul Cerita Fatmawati. Album ini diproduksi oleh MusiCater. Sebuah album yang bercerita tentang romantika di balik kemerdekaan Republik Indonesia, dari perspektif Ibu Fatmawati, yang mengambil waktu sejak ia bertemu Ir. Soekarno, hingga ia pergi meninggalkan istana.

Senada dengan album Maroon 5 dan Mocca tadi, album ini pun secara garis besar mengambil tema yang sama. Hanya bedanya, sosok sentral yang dijadikan tokoh dalam album ini adalah seorang ibu negara, dimana sang suami adalah orang penting, yang memproklamirkan kemerdekaan di negara ini. Tentu ini jadi sebuah sudut pandang yang menarik, dan memantik rasa penasaran, tentang kejelian para musisi yang berkolaborasi di album ini, “menangkap” isi kepala ibu Fatmawati, dan menghadirkannya dalam bentuk karya musik.

Lagu-lagu seperti “Fatima”, “Aku Dilamar Bapakku”, “Tunggu Aku Fat”, “Tak Ingin Ku Menunggu”, “Menjahit Merah Putih”, “Indonesia Raya”, “Ibu Negara”, “Bumiputera Soekarno”, “Aku Seorang Pecinta”, dan “Jalan Sriwijaya”, menjadi kumpulan lagu, yang tidak hanya menarik dari sisi artistik maupun estetika musiknya, namun juga ada goresan sejarah disana, dimana pembuatan liriknya sendiri dikerjakan melalui proses observasi, melalui beberapa buku yang mengulas tentang ibu Fatmawati dan Soekarno. Sehingga bisa dibilang hal-hal detil yang dituangkan dalam lagu-lagunya, jadi semacam mini biografi menarik, karena dihadirkan dengan sajian musik yang menghibur.

Album yang terinspirasi dari seseorang ini jika didengarkan lebih dalam lagi, bisa jadi sebuah kisah menarik dengan gaya story telling pada penulisan liriknya. Sehingga ada benang merah yang jelas disana, layaknya sebuah novel, dengan premis, konflik, dan beberapa “hook” yang melekat, ketika cerita yang disajikan dalam lagu, pada nyatanya sama dengan pengalaman pendengarnya. Secara psikologis, hal ini membuat pendengarnya menjadi dekat dengan lagu tersebut, dan chemistry dengan sendirinya terbangun, karena perasaan pendengar terwakili lewat lagu itu.

BACA JUGA - Joni! Sebuah Nama, Sebuah Cerita

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner