Aksi Para Musisi di Film “Koboy Kampus”

Aksi Para Musisi di Film “Koboy Kampus”

Sumber foto : Diambil dari hasil tangkapan layar trailer film “Koboy Kampus”

Menariknya, tidak hanya Jason Ranti yang dilibatkan Pidi Baiq di film tersebut. Terdapat sejumlah musisi lainnya, dari mulai Danilla Riyadi, hingga dua musisi lokal Bandung, Inkmary (Rosemary), dan Gebeg (Taring, Powerpunk).

“pengalaman main di film Koboy Kampus itu kaya lagi nongkrong di kamerain. Terus gua juga ga berani nolak Pidi Baiq. Ayah Pidi itu kan imam besar, sedang gua hanya juru dakwah. Gua mah nurut aja sama imam besar, dari pada jadi penista”. Kutipan tersebut dilontarkan Jason Ranti ketika ditanya pengalamannya bermain di film besutan Pidi Baiq berjudul “Koboy Kampus : Understanding The Panasdalam”.

Jeje, biasa Jason Ranti dipanggil, terpilih memerankan sosok Pidi Baiq dalam film tersebut. Film berlatar belakang kehidupan kampus dengan semua dinamika yang terjadi disana, termasuk salah satunya dengan pembentukan ‘negara’ The Panasdalam, hingga akhirnya The Panasdalam menjadi kelompok musik dengan Pidi Baiq sebagai imam besarnya.

Menariknya, tidak hanya Jason Ranti yang dilibatkan Pidi Baiq untuk mengisi jajaran pemain di film tersebut. Terdapat sejumlah musisi yang juga mengisi peran dalam film, dari mulai Danilla Riyadi, Bisma Karisma, Candil (ex-Serieus), hingga dua musisi lokal Bandung, Inkmary (Rosemary), dan Gebeg (Taring, Powerpunk). Meski tidak diberi durasi banyak dalam film tersebut, beberapa musisi so called ‘indie’ tersebut cukup memberi warna menarik, terlebih dengan kekhasan aksen ‘sunda’ mereka, yang membuat film ini menjadi terasa natural, dan mungkin apa yang dikatakan Jeje menjadi benar adanya, ketika nuansa yang dibangun film ini memang seperti menyaksikan orang-orang ini lagi nongkrong yang dikamerain.

Gebeg (Taring) di film "Koboy Kampus" (diambil dari hasil tangkapan layar trailer film "Koboy Kampus")

Bicara tentang aksen sunda dalam film ini, Jeje dan Danilla yang notabene nya bukan asli orang sunda cukup meyakinkan dengan gaya bicara yang mereka suguhkan. Misalnya saja ketika Danilla Riyadi yang dalam film tersebut berperan sebagai Nova melontarkan dialog seperti ini : “Dia mah lebih cinta ibu pertiwi dibanding saya”. Dialog tersebut meski terkesan komikal karena disuguhkan dengan gaya komedi, tapi jika diulik lebih jauh lagi seperti sedang memaparkan pemikiran Pidi Baiq tentang cara dia memandang nasionalisme. Dibanding ikut terlibat dalam sejumlah aksi mengkritik pemerintahan saat itu, dia memilih membentuk negara sendiri, dengan semua aturan-aturan yang menuhankan kesenangan dalam point utamanya.

Jason Ranti & Danilla Riyadi (diambil dari hasil tangkapan layar trailer "Koboy Kampus")

Kenapa memilih sejumlah musisi untuk jadi bagian di film ini? salah satu alasannya mungkin karena The Panasdalam sendiri dikenal publik sebagai sebuah kolektif musik. Lewat sebuah album berjudul Only Ninja Can Stop Me Now, The Panasdalam cukup berhasil memberi pilihan segar dari musik-musik yang ada saat itu. Ada satir dalam lagu-lagunya yang disuguhkan dengan gaya komedi, meski dengan cukup tegas Pidi Baiq menolak jika The Panasdalam merupakan grup komedi. Kehadiran para musisi ini mungkin akan terasa lebih relate ketika ditampilkan dalam sebuah film yang kental dengan unsur musiknya.

Sukses dengan dua film sebelumnya, "Dilan 1990" dan "Dilan 1991", Pidi Baiq nampaknya ingin memunculkan ‘wajah’ aslinya, yang serampangan namun penuh dengan pemikiran unik lagi ‘dalam’ tentang banyak hal, termasuk caranya memandang kehidupan. Film “Koboy Kampus : Understanding The Panasdalam” seperti menangkap ‘kegilaan’ Pidi semasa kuliah, dan hal tersebut nampaknya disambut dengan hangat oleh beberapa pemain di film ini, termasuk sejumlah musisi yang ikut terlibat. Merasa satu frekuensi karena besar dengan mindset orang seni, membuat ‘kegilaan’ Pidi menjadi masuk akal, dan ketika diterjemahkan dalam bentuk film menjadi sebuah sinergi menarik, dan sayang jika dilewatkan. Simak trailer film "Koboy Kampus : Understanding The Panasdalam" melalui tautan di bawah ini. 

BACA JUGA - Musisi Indie yang Menjadi Cameo Dalam Film

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner