Abyan 'The Panturas' Miliki Gitar Dengan Nomor Seri 00001

Abyan 'The Panturas' Miliki Gitar Dengan Nomor Seri 00001

Sumber foto : Diambil dari akun instagram @thepanturas

Selain dengan gitar DiPinto Galaxie 4 dengan nomor seri 00001, Acin juga menguatkan karakter soundnya dengan efek gitar SurfyBear Fet Spring  Reverb, Boss FRV 1, serta Danelectro BLT Slap Echo

The Panturas. Band yang berdiri sejak tahun 2015 di Jatinangor ini mengaku mengusung konsep musik Rock Selancar Kontemporer. Mereka terdiri dari Kuya yang bermain drum, Abyan Zaki (vokal, gitar), Rizal Taufik (gitar), dan Bagus Patrias alias Gogon (bas). Mengawali karir bermusik dengan merilis debut single pada tahun 2016 berjudul “Fisherman Slut”, tidak disangka bahwa ternyata musik rock selancar yang telah disangka punah di Indonesia ternyata menemukan geliat baru lewat single ini. Nama The Panturas mulai tercatat dalam berbagai media promo festival musik berbagai kelas. Melalui dukungan penuh para ABK (anak buah kapal), sebutan fans The Panturas, musik rock selancar kembali menemukan nyawanya dipeta musik Indonesia.

Menggaris bawahi tentang Rock Selancar Kontemporer yang diusung The Panturas, hal tersebut nampaknya berbanding lurus pula dengan karakter sound yang mereka buat. Salah satunya dengan apa yang dimainkan oleh Abyan Zaki (vokal, gitar) alias Acin, yang juga punya andil besar dalam meramu karakter musik The Panturas. Dalam setiap panggung The Panturas Acin mengaku kerap memakai gitar Yamaha SGV 300 dan DiPinto Galaxie 4.

Yamaha SGV 300

Untuk gitar Yamaha SGV 300 Acin menuturkan jika pada awalnya dia memilih gitar ini hanya karena bentuknya yang keren. Tapi setelah mencoba memainkannya, Acin merasa kalau neck gitar ini terasa nikmat di tangannya.

“Sebagai orang yang belajar main gitar dengan gitar akustik Yamaha, gitar dengan julukan Flying Samurai ini mantap sekali”, ujar Acin.

Sedangkan untuk gitar DiPinto Galaxie 4 Acin mengaku jika ini merupakan gitar pertamanya di band yang sekarang. Meski menurutnya gitar ini pickup yang boros (ada empat pickup. Padahal yang dia pake cuma yang di bridge-red), namun gitar ini juga dia pilih karena bentuknya, offset dan jelas keren.

Acin berpose dengan gitar DiPinto Galaxie 4 miliknya

“Tapi nilai tambah dari gitar ini adalah nomor seri yang saya miliki, 00001. Padahal harganya murah. Dulu waktu mau beli gitar saya cuma kenal Fender dan Squier. Terus gitar ini nongol dengan harga yang bahkan di bawah Squier baru. Karena harganya, teman-teman di band nanya,”beneran ga itu, takutnya palsu”, ujar Acin.

Sedangkan untuk menunjukan karakter suara yang dihasilkan dua gitarnya tersebut Acin memakai efek gitar SurfyBear Fet Spring  Reverb, Boss FRV 1, serta Danelectro BLT Slap Echo. Pemilihan efek gitar ini menurutnya berhubungan erat pula dengan karakter musik surf rock yang The Panturas mainkan.

“Untuk band surf, spring reverb itu hukumnya wajib. Si SurfyBear ini saya dapat dari rekomendasi Om Robo SBT/Sundancer. Katanya temennya dia dulu, dari band surf sezaman Beertubes, ada yang jual reverb tank. Reverbnya enak sekali karena beneran ada per spring di dalamnya, terus saya bisa tending-tendang di panggung buat bikin suara petir/ombak”, ujarnya.

Dia juga mengaku jika reverb tank surfybear tersebut merupakan hasil rakitan. Acin menambahkan jika pada saat dipakai kerap menemukan masalah karena pabriknya cuma jual dalamannya saja. Berangkat dari sana Acin kemudian menjadikan Boss FRV 1 dengan lisensi Fender tersebut jadi cadangan dari SurfyBear kalau kalau penyakitnya lagi kambuh.

Boss FRV 1

“Dari semua spring reverb yang lumayan sering ditemukan,kayaknya si FRV ini yang paling cocok buat musik-musik beginian”, ujar Acin.

Untuk efek gitar Danelectro BLT Slap Echo sendiri menurut Acin lebih untuk menambahkan (menurut istilah Acin) becek-beceknya reverb.

Danelectro BLT Slap Echo 

“Delay tipis di ujung-ujung saja. Kalau beli harganya tidak mahal, tapi nyari yang jualnya kadang memang butuh usaha lebih. Makanya dulu saya nyari ga dapet-dapet. Untungnya, saya dikasih sama om Rico Mocca setelah menggubah ulang lagu bandnya dulu”, ujar Acin menjelaskan.

Semua gitar dan efeknya tersebut dipakai Acin untuk menunjukan penampilannya di atas panggung bersama The Panturas. Untuk rekaman sendiri dia mengaku jika seringnya dia meminjam alat yang ada di studio.

“semua gitar dan efek yang saya sebutkan di atas semuanya buat kebutuhan manggung, karena kalau rekaman seringnya minjem alat studio hahaha”, ujar Acin seraya tertawa, sekaligus menutup perbincangan dengan DCDC.

BACA JUGA - Rahasia Ciamiknya Gitar Akustik Nissan Fortz

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner