A Page About : Menangkap Kesinisan Otong Dalam Lirik Lagu Koil

A Page About : Menangkap Kesinisan Otong Dalam Lirik Lagu Koil

Kesinisan Otong menjadi masuk akal untuk ada sebagai kontradiksi sebuah harapan yang muluk. Realita memang nyatanya tak seindah dalam cerita dongeng sebelum tidur, namun juga tak seburuk serial drama televisi yang mengharu biru

Banyak berbicara tentang dogma di album Megaloblast, Otong meneruskannya dengan berbicara tentang negara dan sejarah kebohongan di album setelahnya, untuk kemudian mengajak berpikir kembali dengan sudut pandang yang menghardik semua hal yang kadung tercitrakan benar oleh paradigma banyak orang. Ketika kalimat badai pasti berlalu yang adalah sebagai gambaran dari hal buruk pasti berlalu, Otong menggantinya dengan “badai pasti datang kita tak akan menang kenapa harus bimbang”.

Otong ada dalam satu sudut pandang dari arah berlawanan. Ketika dia bertanya sampai kapan akan menunggu dan mengeluh meratapi nasib buruk yang menimpa, untuk kemudian bersenandung “tidakah kau bosan menyanyikan keluhan”, dalam nyanyikan lagu perang. Atau ketika dia berujar tentang nasionalisme untuk negara ini adalah pertanyaan dalam dunia dalam fantasi. Kesinisan Otong menjadi masuk akal untuk ada sebagai kontradiksi sebuah harapan yang muluk. Realita memang nyatanya tak seindah dalam cerita dongeng sebelum tidur, namun juga tak seburuk serial drama televisi yang mengharu biru. Otong hanya berujar jalani dan hadapi. Tidur, terbangun dan jangan kalah bagaimanapun hari akan berjalan. “kita orang pintar dengan otak bersinar, hanya perlu semangat untuk hidupi rakyat, kita bangsa yang besar berdirilah yang tegar”.

Otong berusaha berbicara jika ada yang salah dengan cara pandang banyak orang oleh banyakanya kamuflase yang menutupi busuk yang sebenarnya. Simak saja lagu-lagu mereka seperti ‘Nyanyikan Lagu Perang, Kenyataan Dalam Dunia Fantasi, Aku Rindu, dan banyak lagi lagu-lagunya yang bernada satir yang menghardik sebuah citra yang tergambar indah dengan dadah dadah sang pemimpin, yang entah sadar atau tidak jika ada yang salah dengan negara ini.

Sumber foto : https://acedumbtura.deviantart.com

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner