"A Journey to Wacken Metal Battle 2017 Germany"; Merayakan 21 Tahun dengan Prestasi

Reportase dari pesta perilisan DVD Beside - "A Journey to Wacken Metal Battle 2017 Germany" dan perayaan 21 tahun karir bermusik yang dilaksanakan pada 22 Desember 2018 di Spasial, Jalan Gudang Selatan No. 22, Bandung.

Ada yang berbeda ketika menginjakan kaki di tempat ini. Ada banyak teman menyapa dan sebuah lorong yang sengaja disulap menjadi semacam galeri penuh oleh gantungan foto-foto dokumentasi. Bertempat di Spasial pada hari Sabtu 22 Desember 2018, di kawasan Jalan Gudang Selatan, Bandung salah satu pionir band metal Ujungberung, Beside menggelar pemutaran perdana video dokumenter mereka. Sebuah film yang menggambarkan perjalanan Beside ketika terlibat dalam program DCDC Wacken Metal Battle Indonesia di tahun 2017 hingga akhirnya mereka terpilih untuk mewakili Indonesia untuk tampil di babak final Wacken Metal Battle di Jerman, bersaing dengan puluhan band dari negara lain. Momen itu juga dijadikan hajat perayaan 21 tahun Beside menghajar skena musik ekstrim metal. Dibuka oleh Addy Gembel yang bertindak sebagai pembawa acara sekaligus moderator, acara dimulai tepat pukul 19.00 WIB dengan menghadirkan beberapa narasumber sebagai pembicara untuk memberikan paparan seputar penetrasi internasional yang dilakukan oleh band Ujungberung.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by DCDC (@dcdc.official) on

Paparan pertama dilakukan oleh Kimung yang aktif menulis sejarah seputar dinamika pergerakan musik di Kota Bandung dan aktif mengelola ATAP Class. Menurut Kimung, apa yang dilakukan oleh Beside dan beberapa band di Ujungberung dengan melakukan penetrasi internasional menjadi sangat penting dilakukan. Hal tersebut untuk mencegah terjadinya kesan munculnya dominasi di skena musik bawah tanah. Artinya, dengan terjadinya penetrasi internasional yang dilakukan oleh band-band pionir akan memberikan pasar panggung-panggung lokal bisa lebih dimanfaatkan oleh band-band baru. Dengan kata lain, pola regenerasi akan terus terjadi di ranah lokal dan gaung Indonesia di kancah metal global akan lebih terdengar lagi.

Narasumber kedua yang dihadirkan adalah Eben, gitaris Burgerkill. Dengan bekal pengalaman yang sudah pernah dilakukan oleh Burgerkill, Eben bertutur bahwa hari ini kesempatan untuk melakukan penetrasi karir di kancah Internasional menjadi lebih terbuka. Ditunjang dengan perkembangan kemajuan teknologi informasi, derasnya arus informasi yang masuk bisa menjadi peluang untuk membangun jejaring di kancah global. Dan tentu saja, Bebi drummer Beside turut dihadirkan juga untuk memaparkan motivasi di balik pembuatan film dokumenter yang menjadi salah satu kisah dari perjalanan karir mereka. Harapannya, apa yang dilakukan oleh Beside bisa memberikan inspirasi bagi band lain untuk melakukan hal yang serupa.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner