TIPS MERAWAT SAXOPHONE

TIPS MERAWAT SAXOPHONE

26 Feb 2014 admin
538 views

Alat musik Saxophone sering kita jumpai pada acara acara musik Jazz dan Ska, suaranya yang sangat khas ini menimbuklan irama yang sangat syahdu. untuk itu kita sebagai pemain Saxophone harus melakukan serangkayan perawatan agar suara Saxophone terjaga dengan baik kualitas suaranya, berikut bebeapa tips yang dapat dilakukan.

1. Sebelum memainkan alat musik saxophone, oleskan terlebih dahulu Neck Cork dengan menggunakan cork grease. Tujuannya adalah agar supaya lebih mudah memasang mouthpiece ke neck cork.

2. Setiap kali saxophone selesai dimainkan, bersihkan bagian dalam body dengan menggunakan sax monster swab. Bersihkan secara berulang –ulang sampai bagian dalam body kering

3. Bersihkan bagian dalam neck dengan menggunakan sax neck brush sampai bagian dalam neck benar – benar kering. Bersihkan bagian tone hole neck dengan menggunakan tone hole cleaner.

4.  Bersihkan bagian permukaan pad dengan menggunakan powder paper atau cleaning paper. Caranya tempelkan powder paper pada tone hole . lalu tekan key , tarik powder paper perlahan – lahan , lakukan terus berulang –ulang sampai pad tidak lembab lagi.

5.  Berikan pelumas pada key post, dengan menggunakan key oil tujuannya agar gerakan key tetap lancar  ( tidak noise ).

6.  Bersihkan body dan neck saxophone dengan menggunakan cairan silver polish untuk saxophone warna perak atau lacquer polish untuk saxophone warna emas dengan memakai kain lap yang lembut seperti polishing cloth.

7. Bersihkan mouthpiece saxophone dengan menggunakan mouthpiece cleaner dan kain lap polishing cloth.

Selamat Mencoba!

Foto : Istimewa

HOT NEWS

COMMENT

You must be logged in to comment.

Website ini hanya diperuntukkan bagi Anda yang berusia 18 tahun ke atas.