Review Album : Nectura Awake To Decide “Akselerasi Maksimal”

Review Album : Nectura Awake To Decide “Akselerasi Maksimal”


nectura

Tahun ini, tercatat puluhan band indie Bandung yang sudah mengeluarkan rilisan terbarunya, baik berupa mini album, split album sampai full album. Baru sampai bulan Juli, terlahir sekitar 25 lebih rilisan baru. Ini merupakan hal yang fantastis karena jelas kreatifitas dari anak-anak indie kota Kembang kian berkembang dan maju pesat 100km/jam. Dan terbaru saat ini adalah Nectura, yang baru saja merilis album baru mereka.

Gerombolan melodic death metal asal Bandung ini baru saja, merilis album perdana mereka yang berjudul "Awake To Decide" pada 15 Agustus 2014 lalu. Album ini dengan baik hati dikirim langsung ke kantor redaksi kami oleh sang manager. Album ini sendiri berisi 11 track yang menggempur gendang telinga kalian, diluncurkan dibawah naungan Off The Records. Dalam albumnya ini, nama nama seperti Risa Saraswati (sarasvati), Vicky Mono (Burgerkill), Addy Gembel (Forgotten), Nicko (Ballerina) menjadi tamu spesial dan turut andil dalam pembuatan album ini. kehadiran mereka, memberikan warna baru pada album perdana ini.

Band yang terbentuk pada tahun 2012, dengan formasi Owank (Vokal), akew (Gitar), Paneu (Bas) yang ingin melanjutkan bermusik nya setelah ketiganya mengundurkan diri dari band terdahulu (Beside) dan dibantu oleh Soni (drum) dan Abo (Gitar) yang akhirnya menjadi personil tetap di Nectura. Melanjutkan materi yang telah terkumpul, tidak begitu lama mereka langsung memasuki studio untuk rekaman dan akhirnya selesai pada satu tahun kemudian. Berjudul ‘Awake To Decide’, dengan 10 lagu lain dalam track albumnya yang akan menjadi senjata perdana dalam menuntaskan hasrat para penggemar yang telah lama rindu akan karya yang berkualitas.

band indie nectura

Menyimak album Awake to Decide, para pendengar akan mendengar sentuhan dari alunan Gitar Akew dan Abo yang dominan dan identik dengan nada-nada khas yang begitu harmoni dari alunan gitar metalcore mereka dengan jarinya yang cepat dan diajari dengan telak apa itu arti kecepatan dalam arti Cepat, Tidak asal, Gesit, Suara gitar yang padat serta kematangan diperdengarkan secara profesional. Album perdana nectura ini memang cukup ditunggu oleh para metalhead tanah air khususnya para Respectura sebutan untuk fans mereka.

Album perdana ini yang dimotori Owank (vokal), Hinhin Akew (gitar), Paneu (Bass), Abo (gitar), dan Soni (drum) ini sukses memporak-porandakan telinga siapa saja yang mendengarkan. Dan Nectura kali ini membuktikan kualitasnya yang mumpuni dan layak diperhitungkan.

Lewat Awake To Decide mungkin ini perkenalan dari mereka yang terbaik dari Nectura untuk metalhead indonesia. Deret materi melodic death metal yang sangat kental, dikenalkan oleh akew dari alunan gitarnya yang khas dengan mengadopsi dari band band seperti Soilwork band dari Swedia sana,  dijamin!, album ini tidak mengecewakan.

Bas dari Paneu pun tidak kalah cepat, dalam track ‘Threat minority’ permainan dari Paneu cukup menampar, vokal Owank tidak banyak berubah, mungkin lebih mengeluarkan ciri khasnya lewat growl dan suara clean yang ia keluarkan, namun tetap terdengar luar biasa cadas dipadukan dengan musik Nectura.

Gebukan Soni sang drummer, menunjukkan kecepatan yang maksimal. Tempo yang dimainkan disetiap lagunya selalu cepat dengan sedikit hentakan breakdown yang membuat ingin memutar-mutar kepala. Dan yang paling membuat jantung berdegup ketika mendengarkan Awake to Decide dengan volume maksimal adalah permainan sang gitaris Hinhin ‘Akew’ yang menerapkan akselerasi maksimal.

Dari segi komposisi materi album ini secara keseluruhan, Awake To decide terdengar sangat variatif. Tak lupa pula hentakan breakdown yang banyak didengar di 11 track ini dan tepat sasaran.

Dan yang semakin membuat album ini makin terdengar unik adalah hadirnya Vicky Mono (Burgerkill) dan Addy Gembel (Forgotten) pada lagu “Passive Aggresive Bullshit”. Serta hadirnya Risa Saraswati di lagu “Touch The Light”. Lagu tersebut diciptakan oleh Risa dan kemudian dibawakan bersama Nectura. Hadirnya Nicko dari Ballerina juga membuat lagu The Uprising Echoes cukup sangar. Sosok mereka berempat bukan hanya pemanis belaka, permainan vokal dan gitar mereka menyatu sempurna dengan musik Nectura.

Perihal artwork yang menggambarkan wanita dibalut oleh kain hitam di bagian kepala, ini kurang begitu jelas mencirikan bahwa mereka band metal. Mungkin ini sebuah penganalogian bahwa mata wanita ini tertutup karena tidak melihat sekitar dan bermaksud untuk kembali bangkit di album Awake To Decide ini.  Artwork dikerjakan oleh Lukman PamPam, layout design oleh Owank sendiri dan logo oleh Ryan Gimbal.

band indie nectura album cover

Beberapa lagu yang patut diberi kredit khusus adalah “Passive Aggresive Bullshit”, karena lagu ini sukses membuat kita mengenal Nectura merupakan band berasal dari luar sana. Bahkan hampir semua dari album ini, memang sangat luar biasa.

Secara bergantian dengan chemistry yang luar biasa, Hinhin Akew dan Abo berbagi porsi untuk memberikan pukulan-pukulan berdaya kecepatan tinggi dengan sempurna lewat alunan permainan gitar mereka yang begitu harmoni. Penulisan lirik Owank yang secara garis besar lebih memotivasi ini pun layak diacungi jempol.

Awake To Decide, melaju sempurna dengan akselerasi maksimal sambil menampilkan skill tinggi dari masing-masing personil. Sebuah debut album perdana yang cukup baik menambah nilai plus untuk membuat mereka yang belum mendengarkan. Sebelumnya mereka sudah membocorkan lagu-lagu di album ini di akun soundcloud mereka diantaranya The Uprising Echoes, dan Threat Minority. 5 Stars!!!!

album nectura band indie asal bandung

Nectura Awake To Decide track

  1. Bless Nectura
  2. The Uprising Echoes
  3. Untruth
  4. Reign The Bastard
  5. Awake To Decide
  6. From Dusk Till Dawn
  7. Threat Minority
  8. Passive Aggressive Bullshit Feat. Vicky Mono (Burgerkill) & Addy Gembel (Forgotten)
  9. Crossing Coward
  10. Restart Refresh Rebuild
  11. Touch The Light (Feat. Risa Saraswati)

Sumber foto    : official facebook Nectura, http://www.necturametal.com

Teks oleh        : Yusuf.Muhammad

COMMENTS

  • TombstonesSquad

    TombstonesSquad

    29 Jun 2016
    Nice b('_')d
You must be logged in to comment.

RELATED NEWS

Website ini hanya diperuntukkan bagi Anda yang berusia 18 tahun ke atas.