Interview Eksklusif Kelompok Penerbang Roket

Interview Eksklusif Kelompok Penerbang Roket "Liar dan Berbahaya"


DjarumCoklat mendapatkan kesempatan luar biasa bisa mewawancarai salah satu grup band dengan sound hard-psychedelic blues asal Jakarta ini. Para pemuda yang bisa dibilang ‘liar dan berbahaya’! Liar karna mereka berani rilis single di LP Narkotika Kelas II Cipinang. Mungkin banyak band indie yang ngga kepikiran buat rilis disana, tempat yang diklasifikasi ter-Marjinalkan di strata sosial masyarakat Indonesia. Mereka jelas 'Berbahaya' karna keliaran ulah mereka yang patut diacungi jempol karena berani melakukan hal itu..Makna “Liar dan berbahaya” dalam arti yang positif, kreatifitas dan dari segi musik yang mereka buat,membawa kalian semua terbang tinggi ‘meroket’ ke luar angkasa…

Berikut ini wawancaranya…

Apakabar KPR?

halo,baik dong

Ceritain gimana awal terbentuknya KPR!

(Coki) terbentuknya kpr itu: awalnya kita bertiga ngga begitu saling kenal,terutama gua sama rey. gua dan viki pernah kenalan, dan uda lama banget ngga ketemu dan ngga pernah kebayang juga sih main musik bareng. mutual kita bertiga itu adalah rizma sang manager sekaligus yang menjalankan peran label di KPR, rizma tmn deket kita bertiga,dan kita selalu ngomongin musik bareng dan punya visi misi yg sama,tahun 2011 rizma punya ide buat ngegabungin kita bertiga untuk nge-jam,dan akhirnya kita solid membentuk band ini, karena semua mengalir begitu aja dan juga karena punya banyak kesamaan.

KPR itu,gua coki di lead vokal dan bass, rey di back vocal dan gitar,dan viki di back vocal dan drum.

Kenapa kalian ngasih nama Kelompok Penerbang Roket?

(viki) Makna dr nama KPR sendiri sih pastinya kita pengen band ini meroket setinggi mungkin di blantika musik rock Indonesia dan tdk menutup kemungkinan jg buat kita "go International".

Ceritain juga filosofi yang terdapat dalam single ‘Mati Muda’?

(coki) mati muda menceritakan tentang sebuah fenomena anak muda di Indonesia khusus nya di jakarta yg meresahkan banyak orang.yaitu tawuran.

mati muda itu sederhana makna dan filosofinya, berpikirlah secara luas dan panjang,karena banyak yg bisa jadi berarti setelah kita melakukan itu.

Kenapa kalian merilis single tersebut di LP Narkotik Kelas 2 Cipinang?

(viki) Awalnya ada permintaan seorg teman yg kbtulan “ngekost” disana, dia pingin pengen bgt KPR bisa main dsitu. Dan kebetulan jg mreka bru bkin perpus dan berencana bikin selametan. Setelah melalui birokrasi yang berlaku disana akhirnya kita perform dengan lancar, sekaligus rilis single jg...sbnernya sih rencana gig di penjara itu ada di timeline KPR sendiri. Dan ternyata ada jalan nya hehe

Apakah ada hubungan antara makna lagu ‘Mati Muda’ sama kehidupan di LP Narkotik Kelas 2 Cipinang?

(Coki) gua rasa ada hubungannya, selagi masih muda yah pergunakan waktu sebaik baiknya buat diri kita dan semoga bermanfaat juga untuk orang lain.

Ada kesulitan engga pas kalian ngerilis single ‘Mati Muda’ di dalam LP? Kalo ada, ceritain dong kesulitan apa aja yang ditemuin pas lagi ngerilis single tersebut!

(Rey) Gak terlalu. Ribet pas mau masukin alat2 yg kita bawa sendiri aja. izin sih aman udh kita urus semua sebelum hari H

Gimana rasanya manggung di tengah-tengah ratusan warga binaan? Apakah ada kepuasan yang berbeda? Apa tanggapan warga LP pas kalian lagi ngerilis single tersebut?  

(viki) sangat2 berbeda dr yg kita bayangkan. Energi yg kita kluarin lewat musik kita, bner2 mantul balik ke kita !! karena reaksi dari temen-temen warga binaan yang sangat antusisas dengan musik kami. Sangat sulit sih buat di jelasin haha.. yg pasti sih ini sebuah pengalaman manggung yang ga bakal kita lupain.

KPR kan ngerilis single di LP, secara langsung pasti KPR tau gimana kehidupan di LP. Menurut KPR gimana sih kehidupan di dalam LP Narkotik Kelas 2 Cipinang?

(Coki) kehidupan di lp cipinang itu gmana ya,haha gua blm pernah hidup di dlm sih,tapi yg kita rasain sih,orang" pada antusias dan senang kita dateng.keliatan di dlm lp itu melatih kedisiplinan dan bersosial.

Ada rencana buat bikin Full Album?

Sedang dalam proses mixing dan mastering

Kalo ada, rencananya mau bikin berapa lagu nih buat ngisi Full Album tersebut?

(Viki) Rencana kita bkin 7 lagu di album. Emg ga terlalu bnyk sih, tp mslh kualitas bner2 kita jaga. Biar kalian puas dengerin album kami

Ada rencana unik lagi yang mau dilakuin sama KPR setelah merilis dan manggung di LP Narkotika Kelas 2 cipinang?

( Rey) Gua pengen nyapres 4 tahun lagi haha... ga deng

Ada tp rahasia, tunggu aja hehe

Kegiatan kalian diluar ngeband ngapain aja?

(Viki) So far kita masih ga jauh2 dari musik seperti audiopost, mixing mastering atau session di beberapa band

Hal yang paling gokil yang pernah KPR lakuin di atas panggung?

(Coki) haha hal paling gokil itu apa ya,mungkin sejauh ini adalah ketika kita main di acara yg kita buat.acara pemutaran dokumenter manggung di cipinang. di akhir penampilan setelah lagu mati muda ,rey banting gitarnya sampe kebelah dua hahaha 

Apakah kalian suka pada mabuk dulu kalo sebelum manggung? Kalo iya, minuman apa yang kalian favoritin?hehehe

(Rey) Kita ga suka mabuk, cuman emang tradisinya aja kalo kumpul2 semua, kita suka minum-minum. gak harus manggung jg kita minum2 kok. Minuman lokal bernama Angur Merah cap orangtua

Gimana tanggapan kalian terhadap indie movement saat ini?

(Coki) gua rasa banyak orang atau kumpulan orang atau band yg melakukan movement itu, walau ada yg belum terdengar,dan semangat itu yg diperluin,buat membesarkan scene indie di indonesia.perbanyak wadah dan acara musik. 

Kontribusi apa yang udah KPR kasih ke scene indie atau ke scene kalian sendiri?

(Semua) kami ngga bsa ngomong masalah kontribusi  dan masih terlalu dini juga untuk ngebahas itu menurut kami. Apapun yang sudah kami lakukan atau akan kami lakukan nanti semoga ber impact positif buat yang mendengarkan music kami. Untuk menilai kontribusi nya biar kalian aja, karena kami disini untuk terus berkarya dan terus belajar.

Harapan  KPR di tahun 2014?

Harapan kami simple, meroket setinggi-tingginya

Quotes dari KPR dong 

(Rey) Diatas langit masih ada langit.

Diatas langit lagi ada Tuhan

Diantara langit tertinggi dan Tuhan ada 'Kelompok Penerbang Roket'

Teks Pengantar : FL

Wawancara dan Teks : Gilangsetiar

 

Foto : digilive.co.id www.ghiboo.com wastedrockers.wordpress.com

           Kelompok Penerbang Roket facebook Official Page

Twitter : https://twitter.com/PenerbangRoket

Facebook : https://www.facebook.com/penerbangroket

Instagram :@penerbangroket

Soundcloud : https://soundcloud.com/kelompokpenerbangroket

 

Dibawah ini untuk link mini-documenter KPR” Mati Muda di LP Narkotika Kelas II Cipinang”

Video Link : http://youtu.be/GuJ70d52b78

 

Try this one, if the previous link not working http://www.youtube.com/watch?v=GuJ70d52b78

COMMENTS

You must be logged in to comment.

RELATED NEWS

Website ini hanya diperuntukkan bagi Anda yang berusia 18 tahun ke atas.