Hanyaterra Luncurkan Janji Tanah Berani

Hanyaterra Luncurkan Janji Tanah Berani


By: Karel

Trio grup musik keramik unik bernama, Hanyaterra baru saja merilis album penuh dengan tajuk “Janji Tanah Berani”, Ahad (26/4) kemarin. Album perdana dimana grup yang terdiri dari Tedi En (vokal, guitar, octarina), Iwan Maulana (bass, vokal latar), Ami Iyang (sadatana, vokal latar) ini punya tujuan yakni sebuah dedikasi penuh dengan tanah yang mereka pijaki yaitu, Jatiwangi. Selain itu juga enam buah trek yang terdapat dalam “Janji Tanah Berani” ini juga mewakili kemampuan musikal mereka dengan keramik mauun genteng yang akhirnya dapat megalun indah.

“Janji Tanah Berani” merangkul pengalaman dan harapan tiga pemuda Jatiwangi ini. Dibuka dengan narasi sejarah alternatif Jatiwangi dan musik keramik. “Hulu Hilir” menuntun kita untuk menjalani hidup dengan berani di lingkungan yang sudah makin tidak nyaman. “Hanya Tanah” mempertegas tanah bukan soal kepemilikan tetapi kebersamaan. “Hari Berjari” adalah harapan warga Jatiwangi untuk bisa terus berdaya di tengah deru laju pembangunan. “Haleuang Taneuh” menuntun lamunan atas tanah yang kita pijak, tanah yang menghidupi kita. “Janji Tanah Berani” ditutup oleh alunan musik keramik, mengukuhkan janji untuk berani berkarya di atas tanah ini.   

Pergelaran konser sederhana “Janji Tanah Berani” telah diluncurkan pada tanggal 26 April 2015 lalu di Pabrik Genteng Super Fajar, Desa Burujul Wetan, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Pabrik genteng atau jebor adalah situs keseharian warga Jatiwangi. Panggung dari tumpukan bahan baku tanah liat dibangun di dalam jobor. Dalam hajatannya tersebut, Hanyaterra berkolaborasi dengan hampir 200 warga Jatiwangi dari berbagai kalangan dan usia untuk menjalin suara-suara dari tanah. Dokumenter mengenai kondisi tanah Jatiwangi dan pabrik genteng juga diputar pada hari itu. “Mari libatkan diri, bunyikan tanahmu!”

TRACK LIST:

  1. Hidden Sound
  2. Hulu Hilir
  3. Hanyatanah
  4. Hari Berjari
  5. Haleuang Taneuh
  6. Hidden Sound #2

Komposisi & lirik oleh Hanyaterra

Semua track direkam di Kosmik, Jatiwangi art Factory

Artwork oleh Arie Syarifuddin

Foto: Hanyaterra Docs.

 

COMMENTS

You must be logged in to comment.

RELATED NEWS

Website ini hanya diperuntukkan bagi Anda yang berusia 18 tahun ke atas.