Wage Rudolf Soeprtaman, Seorang Komponis, Wartawan, dan Penulis

Wage Rudolf Soeprtaman, Seorang Komponis, Wartawan, dan Penulis

by: Bobby Agung Prasetyo

Sewaktu tinggal di Makassar, Soepratman memperoleh pelajaran musik dari kakak iparnya yaitu Willem van Eldik, sehingga pandai bermain biola dan kemudian bisa menggubah lagu. Ketika tinggal di Jakarta, pada suatu kali ia membaca sebuah karangan dalam majalah Timbul. Penulis karangan itu menentang ahli-ahli musik Indonesia untuk menciptakan lagu kebangsaan. Soepratman tertantang, lalu mulai menggubah lagu. Pada tahun 1924, lahirlah lagu “Indonesia Raya”.

Singkat kata, pada 28 Oktober 1928 malam di gedung Indonesiche Club, Jl. Kramat Raya 106, Batavia, Supratman menyebarkan lirik konsep suatu lagu kepada hadirin di sana. Pada malam penutupan ‘Kongres Pemoeda’ itu pada Desember 1928, Supratman dengan gesekan biolanya mengiringi sebarisan paduan suara, mengetengahkan lagu ciptaannya berjudul “Indonesia Raja”. Dua bulan kemudian, ode tersebut menjadi amat populer, terutama oleh anggota Kepanduan Bangsa Indonesia. Mengapa? Sebab dalam lirik ode tersebut, ada lirik lagu yang tertulis yakni “jadi pandu ibuku”.

Soepratman saat itu memang sudah dikenal sebagai komponis, serta wartawan dan penulis muda berbakat. Berkat pergaulannya cukup luas di kalangan kaum muda, hatinya tergerak untuk menciptakan ode itu, walau kemudian oleh beberapa pengamat, dikatakan lagu Indonesia Raya itu terpengaruh La Marseille – ciptaan Rouget de L’isle (1922).

Lagu “Indonesia Raya” dipersembahkan oleh Soepratman kepada masyarakat di dalam konggers Pemuda Indonesia tanggal 28 Oktober 1928 di Gedung tersebut. Lagu gubahannya itu, untuk pertama kali diperdengarkan dalam Kongres itu sesuai pula dengan semangat Persatuan Pemuda yang menyala-nyala pada waktu itu. Maka ketika Lagu ‘Indonesia Raya ‘diperkenalkan kepada peserta kongres, dengan serta merta lagu itu mendapat sambutan yang hangat sekali.

*diolah dari berbagai sumber

foto: istimewa

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner