TIPS MERAWAT GITAR KESAYANGAN

TIPS MERAWAT GITAR KESAYANGAN

Jrengggg…..Jrengggg….Jrenggg suara gitar dapat kita dengarkan di hampir semua lagu. Gitar adalah alat instrument paling dasar dan paling populer diantara alat musik lain tentunya. Namun, dibalik popularitasnya, tidak sedikit para pemilik gitar yang melupakan cara perawatannya dan cenderung mengabaikan. Padalah perawatan gitar turut mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkannya. Berikut beberapa tips perawatan gitar.

1. Gitar Memerlukan Case

Jika manusia memerlukan rumah untuk berteduh dan berlindung, pun demikian halnya dengan gitar yang umumnya diletakan dalam case. Fungsinya tentu mengurangi efek dari benturan-benturan jika gitar tersebut sering menemani berpergian. Selain itu case juga dapat melindungi dari debu dan kotoran yang menempel. Biasanya jika berpergian membawa gitar, case juga dapat lebih memudahkannya. Case sendiri terbagi ke dalam dua jenis, hard case dan soft case

2. Membersihkan Fisik Gitar


Rawatlah secara rutin dengan membersihkan mulai dari body, fretboard, dan yang tidak kalah penting senarnya. Periksalah dengan teliti apakah ada bagian-bagian yang kotor, banyak yang beranggapan ketika seseorang memainkan gitar, akan mengeluarkan keringat yang cukup banyak yang biasanya akan menimbulkan kotoran di fretboard. Jika tidak dibersihkan, senar gitar biasanya akan mudah berkarat. Senar gitar dapat dibersihkan dengan bahan lap atau kaos yang lembut. Bila perlu dibersihkan dengan menggunakan string cleaner.

3. Kendurkan Senar


Jika sedang tidak digunakan, sebaiknya senar gitar dikendurkan agar neck gitar tidak melengkung. Penegangan pada senar gitar akan menarik dua sisi gitar yang menegangkan. Walaupun kecil, namun kemungkinannya bisa selalu ada.

4. Mengganti Senar


Segeralah ganti senar gitar jika mulai berkarat. Jika tidak tidak diganti akan mempengaruhi kualitas suara dan gitar tidak lagi enak untuk dimainkan. Biasakan mengganti senar sekaligus satu set. Hal ini untuk menghindari belangnya warna suara antara senar baru dan yang lama.

5. Meletakkan dengan Benar


Sayangilah gitar anda dengan meletakkannya dengan benar, agar fisiknya tidak rusak. Cara meletakkan yang benar adalah dengan cara digantung, ditelentangkan, atau ditaruh pada dudukan. Gitar tidak boleh ditelakkan di tempat yang lembab, basah, atau terkena matahari langsung. Dan yang terpenting, senar gitar tidak boleh terbebani oleh apapun.

6. Jangan Membanting

Jika anda mempunyai gitar kesayangan, apalagi harganya lumayan mahal, janganlah dibanting atau dirusak. Mungkin beberapa musisi sering kita saksikan membanting gitarnya dalam aksi panggungnya. Tapi sebaiknya jangan ditiru. Hal ini jelas akan mempengaruhi suara dan body gitar.

Sayangilah gitar kalian seperti istri atau pacar kalian yaa...,selamat mencoba...Cheers

Sumber Foto : Istimewa

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner