Tempatmu Berpijak dapat Jadi Ide untuk Membuat Karya yang Keren!

Tempatmu Berpijak dapat Jadi Ide untuk Membuat Karya yang Keren!

Mendiami tempat atau daerah tertentu seringkali menumbuhkan ikatan yang kuat, sadar atau tidak sadar. Hal ini sepertinya disadari oleh beberapa band independen tanah air. Mereka membawa nama daerah masing-masing dalam karyanya, dan hal tersebut terkadang menjadi satu cara dari band menceritakan kecintaannya terhadap daerah tersebut. Setidaknya, mereka ingin mengedepankan daerah yang mereka angkat sebagai bentuk bukti bahwa tempat tersebut menyita perhatian mereka. Inilah beberapa band yang membuat daerahnya menjadi topik utama untuk dibahas.

 

Jeruji – “Bandung Pride”

“Bandung Pride” adalah salah satu lagu dari Jeruji yang termasuk dalam album Warlock (2010). Lagu ini secara lantang menyuarakan tentang eratnya solidaritas dan persaudaraan yang terjalin di Kota Bandung. Dalam video klipnya sendiri, Jeruji mengajak keluarga besar musisi Bandung untuk terlibat dan membuktikan bahwa Bandung memiliki kekuatan besar yang dihasilkan dari rasa bangga dan kecintaan terhadap sang kota kembang.

Superman Is Dead – “Kuta Rock City”

Pada lagu inilah Superman Is Dead mengangkat tema tentang daerah favorit di Pulau Bali. Terkenal dengan hingar bingar dan kebebasan, Kuta menjadi destinasi yang tidak mungkin dilewatkan untuk siapapun yang bertandang ke Bali. Merangkum magnet Kuta yang sangat kuat, Superman Is Dead membuat “Kuta Rock City” yang terang-terangan membahas tentang kehidupan yang tak ada matinya di daerah tersebut.

Shaggy Dog – “Di Sayidan”

Lagu ini adalah pemaparan cerita dari Shaggy Dog tentang satu tempat favorit di Kota Jogja.  Jembatan Sayidan adalah spot yang menjadi titik fokus Shaggy Dog, dan mereka menjabarkan bahwa “Di Sayidan” lah mereka biasa berbagi kebahagiaan bersama teman-teman. Lagu ini dirangkum dalam album Hot Dogz yang dirilis sekitar tahun 2003. Nuansa santai dan menyenangkan ditemukan dari awal lagu ini diputar dan menjadi backsound hura-hura untuk anak-anak Jogja.

Seringai – “Membakar Jakarta” & “Dilarang di Bandung”

Double troubles! Inilah dua lagu fenomenal dari Seringai. “Membakar Jakarta” diambil dari album High Octane Rock (2004). Lagu ini menceritakan tentang kegeraman terhadap rutinitas sehari-hari yang dianggap membosankan. “Membakar Jakarta” diperuntukkan kepada mereka yang ingin melepas penat atas keseharian yang tak berhenti menggerogoti waktu. Sementara “Dilarang di Bandung” adalah lagu yang diambil dari album Taring (2012). Lagu ini merupakan respon setelah terjadi pelarangan untuk acara-acara musik keras karena kejadian buruk yang pernah dialami di Kota Bandung. “Dilarang di Bandung” sempat menjadi hits dan disuarakan banyak anak muda yang mengamini ketidaknyamanan atas larangan acara yang membatasi mereka untuk lebih ekspresif.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner