Tantang Diri Kamu untuk Go International!

Tantang Diri Kamu untuk Go International!

Perkembangan musik independen di Indonesia sebenarnya sudah berada di fase yang luar biasa. Bagaimana tidak, di tiap penjuru negeri banyak band-band bermunculan dengan karakter yang beragam dan kualitas yang bagus. Jika perkembangan musik di Indonesia sudah dirasa ada di titik yang stabil, maka sudah seharusnya hal ini dibawa ke ranah yang lebih luas lagi. Go international adalah salah satu cara nyata dan signifikan untuk membuat potensi yang dimiliki para musisi tanah air menjadi lebih maju. Inilah beberapa poin dari sekian banyak hal positif yang akan kamu dapatkan ketika kamu berani melangkah ke ruang lingkup lebih luas dari Indonesia.

 

Memperluas jejaring musik

Berada di satu teritori yang sama untuk sekian lama adalah hal yang tidak sehat untuk perkembangan diri sendiri, apalagi jika dikaitkan dengan musik. Dunia adalah tempat yang teramat luas, dan banyak yang sebenarnya bisa digali ketika kita berani untuk melangkah lebih jauh. Pergi ke luar negeri pasti akan menghantarkan kamu untuk bertemu jutaan orang yang juga baru, dan kesempatan tersebut sangat membuka segala macam kemungkinan. Bicara tentang musik, di luar sana masih banyak musisi, label rekaman, manajer, tur agensi, dan lain sebagainya yang selalu menggali potensi-potensi baru dari penjuru dunia manapun. Mungkin saja, kamu lah yang mereka tunggu. Minimal, banyak pelajaran yang bisa kamu ambil dan jejaring pertemanan akan menyebar lebih luas. Banyak dampak positif yang bisa kamu raih ketika kamu punya networking yang luas, dan tentunya kamu harus bisa memanfaatkan hal tersebut secara optimal.

 

Mengembangkan Kualitas dan Menambah Referensi

Kembali lagi, dunia ini adalah tempat yang teramat luas. Jika kamu hanya berdiam diri di satu tempat, kamu tidak akan membuka mata ke hal lain yang sebenarnya luar biasa jika kamu adaptasi. Siapa yang tahu kalau di suatu sudut bumi ada band yang patut diperhitungkan? Selain itu, ketika kamu hanya bergerak di dalam negeri, referensi yang kamu perhatikan rata-rata mengacu ke trend yang ramai di Indonesia. Adalah hal yang pasti ketika kamu ke luar negeri banyak hal-hal menarik yang belum pernah kamu temui dan bisa kamu jadikan inspirasi. Bisa jadi, hasilnya adalah kamu mendapatkan warna baru dan kualitas dari band kamu akan semakin bagus dan berkembang.

 

Memperkuat Mental

Beradaptasi dengan orang-orang baru, budaya baru, cuaca, dan lain sebagainya adalah hal yang pasti dialami ketika kamu menjejakkan kaki ke luar negeri. Otomatis, ada hal-hal yang harus kamu lakukan demi membuat diri kamu bertahan disana. Tanpa sadar, sebenarnya hal ini mematri mental kita menjadi lebih kuat. Selain memang kita harus mempersiapkan diri, terjun langsung ke kancah internasional adalah langkah yang lebar dari seseorang yang berusaha terus berjalan. Membuat musik kamu diterima di telinga orang lain memang bukan hal yang mudah, tapi setidaknya kamu sudah berusaha mengarah kesana dan pasti akan ada hal-hal yang sangat penting untuk diambil. Jangan takut, beranilah melangkah demi kemajuan kamu, band kamu, bahkan ranah musik independen tanah air. Meski sulit, hal ini adalah perlu dan penting. Sampai kapan kita hanya akan menjadi orang-orang dengan mental “jago kandang”? 

 

Berpikir Terbuka dan Visioner

Jika diperhatikan, seringkali inovasi-inovasi terbaru hadir dari luar negeri. Mengapa? Karena mereka didukung dengan fasilitas yang mungkin lebih memadai dibandingkan disini. Tetapi, bukan tidak mungkin jika kita mengakali beberapa hal yang dirasa tidak mungkin untuk diselenggarakan disini. Ketika kita ke luar negeri dan menonton konser atau penampilan band-band tertentu yang kadang di luar nalar, secara tidak langsung kita mengakui bahwa mereka adalah orang-orang yang terus berlatih, mencari cara, dan berani mengeksekusi. Sebenarnya, kita bisa belajar dari mereka. Apa saja yang mereka pikirkan? Mengapa mereka berpikir sampai sejauh itu? Seberapa besar dampak yang dihasilkan dari inovasi mereka? Bagaimana cara mereka membuat ide itu menjadi nyata? Setidaknya hal-hal tersebut akan muncul di benak kita, dan adalah keputusan yang sangat baik jika kita menyempatkan diri untuk mendiskusikan hal tersebut pada mereka yang dianggap mumpuni. Hasilnya adalah, kamu akan punya pemikiran yang jauh lebih matang bahkan melampaui pola pikir orang-orang yang hanya berdiam diri.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner