Sigmun Gagal Berangkat ke SXSW

Sigmun Gagal Berangkat ke SXSW

Peristiwa pahit harus dirasakan oleh Sigmun. Sigmun gagal berangkat ke festival seni dan budaya beken South by Southwest, yang biasa disebut SXSW Festival di Austin Texas, Amerika Serikat, karena terganjal belum keluarnya visa untuk mereka. Dijadwalkan Sigmun akan untuk bermain di SXSW pada tanggal 12 Maret 2014.

Seperti dilansir di situs rollingstone.co.id, permasalahan klasik akan visa menjadi pengganjal mereka untuk bermain pertama kali di Amerika. Sigmun sempat mendatangi Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, untuk mengurusi keberangkatan mereka. Pihak kedutaan Amerika menyatakan, bahwa Sigmun tidak mendaftarkan diri untuk visa berjenis P, melainkan berjenis B1/B2 yang memperbolehkan pemohon visa melakukan perjalanan ke AS untuk tujuan bisnis, pariwisata, kunjungan keluarga, rekreasi, konferensi, hingga perawatan medis. Padahal dari pihak panitia SXSW dalam suratnya mengatakan, mayoritas konsuler telah mengemukakan secara implisit bahwa visa B1/B2 sesuai untuk band-band yang akan tampil di SXSW, karena aktivitas tersebut sejalan dengan 9 FAM 41.31, dan tidak memerlukan visa O atau P.

Band yang beranggotakan Haikal Azizi (vocal, guitarist), Nurachman Andhika (guitarist), Mirfak Prabowo (bassist), dan Pratama Kusuma Putra (drummer) ini, mencari informasi kepada Tamizdat (agen) di New York yang pernah memberangkatkan White Shoes And The Couples Company ke SXSW tahun 2008 silam, memberi saran untuk mendaftarkan diri untuk visa P, namun untuk visa tersebut membutuhkan proses yang cukup lama, yakni minimal 100 hari untuk pembuatannya.

Sebelumnya, Sigmun sempat mengadakan gigs untuk mengumpulkan dana pergi ke SXSW. Pengumpulan dana dimaksudkan SXSW tidak memberikan biaya profesional kepada mereka yang akan pentas di festival tersebut. Jadi, setiap band yang tampil memang harus membiayai diri mereka sendiri.

Haikal sang frontman Sigmun ini menuturkan pihak-pihak yang telah membantu keberangkatan mereka ke SXSW ke nomor rekeningnya akan dikembalikan lagi kepada pengirimnya masing-masing. Kaos merchandise Sigmun yang diperuntukan untuk donasi menuju festival tersebut akan tetap dicetak secara khusus bagi pemesannya.

Sumber foto: kvltmagz.com

 

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner