Sembilan Jenis Efek Gitar

Sembilan Jenis Efek Gitar


Untuk para gitarist pastinya tidak asing dengan benda ini, sebuah alat yang di gunakan untuk merubah sinyal suara dari gitar sehingga menghasilkan suara-suara yang bervariasi. Penambahan efek gitar tentu saja membuat sang gitaris semakin keren ketika pentas saat memainkan skillnya.

Dibawah ini, ada beberapa macam efek gitar yang sering dipakai.

1.    DISTORSI

Distortion adalah efek yang paling dulu ada, memiliki suara yang lebih intens daripada overdrive dan bahkan menghilangkan suara asli gitar listrik lebih jauh. Distortion memliki tingkatan mempoduksi dan mempertahankan gain yang lebih tinggi. Distortion banyak digunakan oleh musisi hard rock, heavy metal, punk dan musik alternativeUntuk mendapatkan karakter Distorsi untuk jenis musik rock biasanya sering menggunakan efek METALZONE-MT2 BOSS.

2.    OVERDRIVE

Pedal jenis overdrive memberikan tekanan atau dorongan (boost) yang akan menekan amplifier sehingga menghasilkan distorsi . Overdrive adalah efek yang paling halus. Suara overdrive mensimulasikan suara tabung amplifier ketika suara tersebut berubah menjadi lebih keras. Hal tersebut memungkinkan pemain gitar untuk mendapatkan suara yang lebih panjang. Sebuah pedal overdrive adalah cara mudah untuk beralih di antara suara dengan cepat, dengan menekan tombol on dan off di antara suara overdrive dan suara bersih. Overdrive banyak digunakan oleh musisi rock, blues dan pop.

3.    FUZZ

Fuzz adalah versi lebih ekstrem dari distortion. Pedal fuzz juga lebih besar dan kurang halus dibandingkan dengan overdrive dan distortion. Fuzz juga menambahkan banyak suara ekstra untuk gitar, sehingga pemain harus membiarkan senar yang sedang tidak dimainkan atau mereka akan mendapatkan suara feedback.

4.    DELAY

Efek delay adalah pengembangan dari echo klasik. Fungsinya adalah untuk mengulang suara dengan selang waktu tertentu. Contoh-contoh efek delay : Tap Delay, Pingpong Delay, Hold Delay, BPM Delay, dan lain sebagainya. Efek delay biasanya diletakkan diakhir rangkaian efek, dan pada multi efek digital, biasanya efek delay digabung dengan efek reverb. 

5.    REVERB

Reverb berfungsi untuk menciptakan dimensi ruang dan membuat suara sound gitar  lebih besar (bukan keras).

6.    COMPRESOR

Compresor fungsinya adalah sebagai pembatas atau penekan suara yang berlebihan dan juga menaikkan suara yang terlalu rendah, jadi garis besarnya efek ini berfungsi untuk pembatas suara agar tidak  berlebihan dan kekurangan.

7.    CHORUS

Efek Chorus merupakan efek yang berfungsi untuk membuat suara gitar yang dihasilkan menjadi harmonisasi atau dengan kata lain seolah-olah kita sedang bermain gitar lebih dari satu orang.

8.    FLANGER

Suara Flanger itu seperti suara mesin jet. Juga dipopulerkan oleh Eddie Van Halen. Salah satu judul lagu band Van Halen  Unchained. Itulah contoh suara Flanger. Paul Gilbert akhir-akhir ini juga sering menggunakan efek Flanger ini. Ia malah punya efek Flanger Signature bernama Ibanez Airplane Flanger 

9.    Harmonizer

Efek ini bisa menghasilkan suara gitar yang satu oktav lebih tinggi atau lebih rendah. Kadang juga bisa menghasilkan harmoni (dua suara yang bunyi secara bersamaan). Oleh sebab itu kadang disebut Harmonizer juga.

*disari dari berbagai sumber 

Foto : http://belajarmusikgratis.blogspot.com dan Istimewa

COMMENTS

You must be logged in to comment.

RELATED NEWS

Website ini hanya diperuntukkan bagi Anda yang berusia 18 tahun ke atas.