Sejarah Musik Rocksteady

Sejarah Musik Rocksteady

Rocksteady adalah genre musik yang berasal dari Jamaika sekitar tahun 1966. Sebuah pengganti Ska, dan pelopor dari ReggaeRocksteady diperkenalkan oleh kelompok harmoni vokal Jamaika seperti The Gaylads, The Maytals dan The Paragons. Istilah rocksteady berasal dari gaya tarian yang disebutkan dalam lagu Alton Ellis “Rock Steady”. Tarian untuk rocksteady tidak seenergik daripada tarian Ska sebelumnya. Hit rocksteady internasional pertama adalah “Hold Me Tight” (No. 5 di Inggris dan AS) dengan penyanyi soul Amerika “Johnny Nash” (1968).

Johnny Nash

Rocksteady tidak hanya menurunkan tempo, tetapi juga mengalihkan penekanan pada alat tiup kearah gitar dan vokal. Singkop ketukan yang ''jumpy'' menjadi kurang tegas. Hingga menghasilkan versi sound yang lebih rileks dari ''American soul''. Tiga contoh utama untuk sound baru ini adalah Delroy Wilson dengan "Dancing mood", The Gaylads dengan "Stop making love", dan  tentunya Desmond Dekker dengan "Israelites" & "007 (Shanty town)". 

Alton Ellis

Delroy Wilson

The Rocksteady Dances 

Kesemuanya mencirikan  gaya rocksteady, sound yang lebih mirip dengan ''American soul'' & gospel ketimbang irama  ska 'riang gembira' yang nuansanya mengadaptasi dari gaya New Orleans. Walaupun demikian,  para musisi Jamaika masih terpengaruh oleh pop gaya Amerika & Eropa untuk terus mengadaptasi dan mengembangkan bentuk-bentuk tersebut kedalam tradisi & idealisme bermusik mereka.

Sebagai gaya musik populer, rocksteady berumur pendek, dan ada hanya untuk sekitar dua tahun – musim panas 1966 sampai musim semi 1968. Sekitar waktu ini orang-orang muda dari pedesaan Jamaika telah membanjiri ghetto perkotaan Kingston di lingkungan seperti Riverton City, Town dan Greenwich Trenchtown Jamaika. Meskipun sebagian besar negara itu optimis dalam iklim pasca kemerdekaan, pemuda ini dilanda kemiskinan. Banyak dari mereka menjadi nakal yang memancarkan gaya tertentu. Para pemuda ini dikenal sebagai RudeBoy.
Alton Ellis digadang-gadang sebagai "The Gosfather" dari rocksteady untuk hit-nya “Girl I’ve Got a Date”, tapi kandidat lainnya untuk single rocksteady pertama “Take It Easy” oleh Hopeton Lewis, “Tougher Than Tough” oleh Derrick Morgan dan “Hold Them” oleh Roy Shirley.

 Bob Marley, Peter Tosh and Bunny Wailer (Bob Marley & The Wailers) 1963

The Paragons

The Maytals

Meskipun berumur pendek, pengaruh rocksteady cukup besar. Banyak seniman reggae yang mulanya memainkan rocksteady (dan / atau ska). Penyanyi paling umum reggae tumbuh dari kelompok rocksteady misalnya Junior Byles berasal dari ‘'The Versatiles'’, John Holt '‘The Paragons'’, baik Pat Kelly dan Slim Smith bernyanyi dengan ‘'The Techniques'’ (Pat Kelly bernyanyi di ‘You Don’t Care’) dan Ronnie Davis dalam '‘The Tennors’' sementara Winston Jarrett berada di ‘The Righteous Flames’.

Ska, Rocksteady, and Reggae Records

*dari berbagai sumber

Foto istimewa

 

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner