Sejarah Moshing Dalam Musik “Keras”

Sejarah Moshing Dalam Musik “Keras”

Musik menjadi bagian yang tidak pernah terlewatkan di kehidupan sehari-hari. Biasanya sebuah musik atau lagu dapat menjadi sarana komunikasi, pelipur lara, kritik sosial dan pembangun mood dalam menjalani kehidupan. Dengan begitu cara mengekspresikannya  pun berbeda-beda dalam menikmati musik. Kali ini kami akan membahas mengenai moshing yang sering dilakukan para pecinta musik bergenre punk, heavy metal dan hardcore.

The mosh istilah ini mulai dipakai di scene punk hardcore tahun 1980 awal di Amerika. Awal tarian ini sering dieja mash di fanzines tapi diucapkan mosh, seperti dalam lagu 1982 "Mash Total" oleh DC berbasis hardcore scream band.

Moshing adalah gaya tari yang dilakukan penonton aliran musik keras dengan cara mendorong atau membanting ke satu sama lain. Hal ini terutama dilakukan untuk hidup musik, meskipun dapat dilakukan untuk rekaman musik.

Banyak variasi moshing yang dapat dilakukan sendiri maupun kelompok. Peristiwa umum di moshing akan membuat "lingkaran pit" dan biasanya dilakukan di tengah kerumunan pada saat pertunjukan, umumnya lebih dekat ke panggung. Sebuah mosh pit (tempat atau lingkar moshing)  dapat dilakukan dengan cara "crack-back" di mana kelompok mendorong kembali ke setiap orang di sekitar mereka dengan tangan sampai terbuka ruang kosong.

Sementara itu moshing dipandang sebagai bentuk umpan balik positif atau ekspresi menikmati musik, bahkan ada kritik karena hal itu berbahaya. Untuk melakukan ini memang dibutuhkan keberanian untuk melompat masuk kedalam sebuah mosh pit dan tentu saja stamina harus dalam kondisi fit, karena memang tradisi ini sangat menguras tenaga dan sadar kalau anda bisa terluka karena benturan atau pukulan dari penonton lain. Cedera dan beberapa kematian telah dilaporkan.  Namun, secara umum sepakat bahwa “moshers” tidak mencoba untuk menyakiti satu sama lain, dan mereka bersedia mengikuti "etika moshing" yang tidak tertulis.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner