Reportase: Showcase Kolibri Records Tampilkan Wajah Indie-Pop Generasi Terbaru

Reportase: Showcase Kolibri Records Tampilkan Wajah Indie-Pop Generasi Terbaru

Kota Bandung lagi-lagi menjadi saksi kunjungan grup musik lokal. Pada akhir pekan di penghujung bulan Januari 2017 ini, acara yang bertajuk Who Let The Birds Out? sukses dihelat di Spasial Gudang Selatan, Bandung, yang menampilkan wajah baru generasi indie-pop kiwari. Acara yang diprakarsai oleh indie label asal Jakarta Kolibri Records menampilkan hampir keseluruhan rooster dari mereka, terkecuali Atsea. Line up yang mengisi pada perhelatannya di titik kota Bandung adalah Bedchamber, Gizpel, Kaveh Kanes, Low Pink, dan dua rooster terbarunya asal Yogyakarta, Grrrl Gang dan Seahoarse. Acara musik dari Kolibri Records ini nantinya akan berlangsung di dua kota, Bandung (28 Januari) dan Jakarta (29 Januari). Namun Kaveh Kanes tak dapat memeriahkan gelarannya pada saat di Jakarta nanti.

Penampilan pertama diawali dengan penampilan rooster terbaru dari Kolibri Records, yaitu Grrrl Gang. Ini merupakan kedatangan pertamanya di kota Bandung. Suara vokal yang dilantunkan dari seorang wanita dengan mengenakan dress terlihat memukau, dipadu dengan musik yang dimainkan oleh beberapa personil Grrrl Gang lainnya, menjadi pembuka acara yang sangat tabik. Lagu demi lagu yang dimainkan oleh Grrrl Gang, termasuk single nya “Bathroom”, menjadi salah satu lagu yang dinanti untuk dimainkan oleh pengunjung yang datang pada saat itu. Cukup menarik perhatian pengunjung akan performa Grrrl Gang, hingga menuju akhir penampilannya pengunjung pun semakin ramai memadati area Spasial.

Grrrl Gang

Usai penampilan dari Grrrl Gang, tak lama setelah itu, Kaveh Kanes mengisi area tengah panggung dengan dikelilingi oleh para pengnujung yang sangat rindu akan kedatangannya. Kaveh Kanes yang mengusung indie-pop/jangly-pop meneruskan hype dari band sebelumnya di atas panggung dengan membawakan beberapa lagu andalannya yang ada dalam album Capital. Band yang juga berasal dari Yogyakarta ini telah tiga kali menyapa penonton di Kota Kembang.

“Kaveh Kanes, kalau main di Bandung moal gagal (tidak akan gagal) itu trademark Kaveh Kanes,” ungkap sang vokalis di atas panggung.

Senyum pengunjung yang diikuti dengan menggoyangkan badan secara ringan kala menikmati penampilan Kaveh Kanes di atas panggung pun semakin tak tertahankan kala mereka membawakan lagu ampuhnya “Tiger In Your Tank”.

Kaveh Kanes

Setelah puas menyaksikan penampilan dari dua rooster Kolibri Records, ada jeda untuk mengumpulkan semangat setelah menyaksikan dua band. Kolibri Records memutarkan playlist-nya untuk para pengunjung yang hadir. Perlahan playlist pun usai. Kekosongan tengah panggung pada saat itu pun, sesegera mungkin dipenuhi dengan salah satu instrumen keyboard midi.

Ya, Gizpel pun mengisi kekosongan tersebut. Band asal Jakarta yang telah menyelesaikan mini album Short Distance EP ini mengisi kekosongan tengah panggung. Bermodalkan instrument keyboard midi yang mengeluarkan sound chiptune ala video game, dipadupadankan dengan instrumen bass, drum dan gitar menjadi kesatuan yang utuh dan terbilang cukup aneh dibandingkan line up band lainnya.

Gizpel pun menyapa para penonton seraya bercanda agar membeli rilisan EP mereka pada penonton. Suara elektronik yang dihasilkan oleh Gizpel, semakin memeriahkan gelaran Who Let The Birds Out ? tak lupa juga mereka membawakan salah satu lagu yang ada dalam CD kompilasi acara tersebut yang berjudul “Juvenile”.

Gizpel

Setelah penampilan Gizpel, dilanjutkan oleh salah satu rooster-nya bernama Bedchamber. Musikalitas Bedchamber yang menyerupai DIIV dan Beach Fossils ini juga ikut menjadi band yang dinanti oleh pengunjung kala itu. Pada performa Bedchamber, penonton perlahan memberanikan diri membuat sebuah lingkaran untuk berjoget ria bersama. Terlebih ketika membawakan salah satu lagu andalannya “Youth” yang merupakan salah satu lagu di mini albumnya bertajuk Perennial E​.​P. Tak terelakan gerak ria penonton pada saat itu, disertai dengan senyum bahagia dan tepuk tangan yang meriah pada akhir penampilannya.

Bedchamber

Acara masih belum usai, karena panggung kembali di isi oleh salah satu rooster terbaru dari Kolibri Records. Mereka adalah Seahoarse yang berasal dari kota Yogyakarta. Sapaan untuk pertama kali kunjungannya di Kota Bandung pun dilakukan oleh sang vokalis wanita Seahoarse yang mengusung genre dreampop ini. Perkenalan awalnya, Seahoarse membawakan lagu berjudul “Some Time Alone, Alonedari Melody’s Echo Chamber dan “Disco//Very” milik Warpaint. Secara keseluruhan penampilan mereka sangat baik dan setelah mencover beberapa lagu mereka pun menuai aksi yang tak cukup heboh kala membawakan salah satu lagu andalannya berjudul “Cricket Choir”.

Seahoarse

Penampilan terakhir, Low Pink mengambil alih panggung setelah Seahoarse. Band yang juga telah mengeluarkan album Phases EP ini juga tak kalah heboh. Hampir keseluruhan materi dalam mini album tersebut dibawakan termasuk lagu “Phases” dan “Someone For Your Days” yang sedikit berunsur psikadelik pada beberapa riff gitarnya. Penampilan Low Pink pun menjadi akhir dari acara yang bertajuk Who Let The Birds Out? dan berhasil meyajikan momen indah yang tak terbendung hasil perfoma dari para line up-nya.

Low Pink

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner