Reportase: Penampilan Spesial Heals Sukses Warnakan Shoegaze Di DCDC Substereo

Reportase: Penampilan Spesial Heals Sukses Warnakan Shoegaze Di DCDC Substereo

Sejak mengabarkan tur promo album Spectrum, Heals tak lupa menyempatkan tampil di salah satu kota yang telah membesarkan namanya, Bandung. Kali ini mereka hadir memang bukan di panggung, akan tetapi hadir di salah satu kanal Radio OZ 103.1 FM dalam tajuk acara DCDC Substereo. Khususnya untuk tajuk DCDC Substereo yang pada biasanya memperkenalkan band-band Shout Out, akan tetapi kali ini Heals menjadi bintang tamu special yang sengaja didatangkan oleh tim DCDC Substereo terkait debut album pertamanya, Spectrum yang dirilis oleh FFWD Records.  

Penampilan Heals yang dihelatkan pada tanggal 18 April 2017 tersebut secara langsung disiarkan lewat frekuensi Radio OZ 103.1 FM. Kabar tentang penampilan spesial Heals sebelumnya sempat juga dikabarkan oleh DCDC Substereo lewat sosial media resminya. Tentunya Heals tak sendiri, melainkan juga ditemani oleh penyiar reguler radio DCDC Substereo Ekky Dharmawan dan Denny Hsu yang dimulai pada pukul 21.00-23.00 WIB.

Sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh tim DCDC Substereo, Heals pun telah hadir beberapa saat sebelum acara dimulai. Seperti yang sering terjadi belakangan ini, Kota Bandung yang sedang mengalami cuaca tak menentu pun turut menerpa pada malam itu, namun bukan suatu kendala bagi unit shoegaze ini untuk bisa memuaskan kuping pendengar musiknya. Perlahan tanpa terasa, jam pun telah menunjukan pukul 21.00 yang menandakan Heals harus bersiap untuk segera melakukan siaran langsungnya yang diawali dengan bincang di ruang siaran bersama para penyiar. Perbincangan Heals dan para penyiar dibumbui dengan canda tawa pun tak henti-henti terjadi di ruang siaran, dan dalam perbincangannya Heals pun menceritakan pengalaman singkat saat tur album Spectrum. Perjalanan yang menyambangi beberapa kota yang telah sukses dilaksanakan oleh Heals dengan tampil di tiga kota sebelumnya seperti Yogyakarta (13/4), Semarang (14/4), dan Cirebon (16/4).

Setelah berbincang singkat dengan para penyiar, Heals pun langsung bergerak menuju ruang studio dan menyiapkan beberapa instrumen mereka masing-masing untuk membawakan lagu pertama berjudul “Monolove”. Pada penampilan di lagu pertamanya ini, musik Heals menarik untuk disimak dan cukup easy listening terlebih ketika vokal Octavia menambah warna dalam musikalitasnya. Usai penampilan membawakan lagu pertamanya, raut senang yang terlihat di wajah para personil Heals dan perlahan meninggalkan ruangan studio musik Radio OZ 103.1 FM untuk rehat sejenak yang kala itu theme song Djarum Coklat diputar.

Penampilan memukau dari Heals, selain menarik dari segi musikalitas juga menjadi tontonan menarik. Tak lama, Heals pun kembali memasuki ruangan siaran kembali untuk berbincang bersama para penyiar. Tak jauh berbeda dibandingkan perbincangan sebelumnya, Heals yang kala itu juga dengan santai menanggapi pertanyaan tentang album Spectrum yang baru saja dirilis oleh FFWD Records. Perbincangan telah usai, dan Heals pun berpindah tempat dengan memasuki ruangan studio musik kembali untuk membawakan dua lagu selanjutnya berjudul “Wave” dan “Azure”. Khususnya di lagu “Wave”, selain dulu menjadi salah satu single dari Heals, lagu tersebut juga sempat dicetak dalam bentuk kaset pita dalam perayaan RSD 2016 silam, ditambah dengan salah satu track single ketiganya “Myselves”.

Penampilan kedua dari Heals pun tak kalah baik dibandingkan sebelumnya. Nuansa shoegaze ala Slowdive dan Indie rock ala My Vitriol yang penuh distorsi cukup mendominasi pada penampilan keduanya, tak hanya itu pada penampilan kedua ini pun juga hadir beberapa unsur musik lain seperti salah satunya math rock. Alunan mengawang penuh warna berbalut pop menjadi benang merah penampilan Heals di DCDC Substreo pada malam itu yang telah menginjak episode ke-20.

Lanjut pada penampilan ketiganya yang kala itu waktu pun telah menunjukan acara berada di titik puncaknya. Tanpa berlama-lama Heals pun langsung membawakan lagu “False Alarm”. Salah satu lagu yang menjadi pemantik khususnya untuk album Spectrum, ini tak henti-hentinya membawa kuping para pendengar radio Oz 103.1 Fm terbuai dalam Shoegazing nya yang kental. Selain menjadi pemantik, lagu “False Alarm” juga sempat disebarkan dalam kemasan visual oleh para personil Heals. Seperti penampilan yang selalu terjadi di DCDC Substereo, Heals pun mengisi salah satu hidden track namun tidak disiarkan secara live, hanya dalam ruangan studio musik radio OZ 103.1 FM saja yang waktu itu membawakan lagu berjudul “Anastasia”. Tanpa terasa penampilan Heals pun harus usai, dan mereka akan segera melanjutkan tur promo album Spectrum dengan mendatangi empat kota selanjutnya.

Rombongan Heals yang terdiri dari Alyuadi Febryansyah (Vokal, Gitar), Reza Arinal (Vokal, Gitar), Muhammad Ramdhan (Gitar), Octavia Variana (Vokal, Bass), dan Adi Reza (Drum) pun akan kembali dalam tajuk tur album Spectrum nya. Nantinya Heals akan melanjutkan kembali tur album Spectrum dengan mendatangi beberapa kota yaitu Solo (27/4), Surabaya (28/4), Malang (29/4) dan terakhir di Bali (1/5).

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner