Reportase : Alvin Luapkan Kerinduan Dalam Tajuk Launching Ep ‘Beranjak’

Reportase : Alvin Luapkan Kerinduan Dalam Tajuk Launching Ep ‘Beranjak’

Vokalis Alvin & I, Alvin Baskoro baru saja menyelesaikan showcase mini albumnya bertajuk Beranjak pada tanggal 14 April 2017 di Spasial Bandung. Punggawa yang dulu sering tampil bersama bandnya Alvin & I tersebut juga menggandeng beberapa musisi lain dalam perhelatan yang baru saja sukses dilaksanakan bersama pihak Microgram Entertainment, Barokah Records, serta Norrm. Dalam mini album Beranjak Alvin Baskoro pun tetap memainkan nada-nada folk. Namun, kemunculan akan proyek solo dari Alvin Baskoro ini bukan semata-mata langkah pergi untuk meninggalkan band ia sebelumnya, melainkan lewat projek ini, Alvin Baskoro meluapkan berbagai kerinduan terhadap rekan bermusiknya dahulu.

Sebelum pertunjukan dimulai, para pengunjung telah masuk dengan membeli tiket seharga 15 ribu rupiah dan perlahan membentuk sebuah lingkaran berhadapan langsung dengan sosok Alvin Baskoro yang kala itu tampil sembari duduk. Menariknya tiket seharga 15 ribu dapat ditukarkan dengan sebuah produk minuman teh agar kala pertunjukan dimulai pengunjung dapat dengan santai menyaksikannya dan sepercik kertas bertuliskan “Bermekaran Dalam Layunya” yang digunakan nanti saat akhir acara.

Jam telah menujukan tepat pukul 19.00 Wib, yang menandakan acara harus segera dimulai. Tanpa berlama-lama, Alvin Baskoro pun langsung membawakan salah satu lagu pertamanya berjudul “Cengkrama” yang merupakan sambutan selamat datang dari Alvin Baskoro terhadap para pengunjung yang hadir pada malam itu di Spasial Bandung. Alunan indah yang dipetik dari instrumen gitar oleh Alvin Baskoro cukup jernih terdengar dan sangat sederhana. Para pengunjung yang sebagian juga rekan bermusik Alvin Baskoro pun cukup dibawa terhanyut oleh alunan yang dilantunkannya. Berkisar beberapa menit pasca lagu pertama dibawakan, Alvin Baskoro pun mengajak para pengunjung untuk berbincang singkat dengannya sekaligus menjelaskan secara singkat tentang projek musik yang baru dilepas lewat EP Beranjak ini. Canda tawa yang dipenuhi dengan senyuman, secara ikhlas diberikan oleh Alvin Baskoro pada pengunjung yang hadir.

Tak lama kemudian, Alvin membawakan lagu keduanya berjudul “Yang Tak Terhindari”. Lagu yang dulu sempat dibawakan di Perpustakaan Batu Api Jatinangor, Sumedang, dalam tajuk ‘Interlude’ tersebut kembali dihadirkan oleh Alvin Baskoro. Pada penampilannya Alvin ditemani oleh sosok Rifki pada instrument piano. Dentingan piano dan petikan gitar dalam lagu ini cukup membius dibenak para pengunjung yang hadir pada saat itu.

Usai lagu kedua dan lagu ketiga tak lupa dibawakan. Lagu selanjutnya dibawakan oleh Alvin Baskoro berjudul “Nafas”. Lagu yang kala itu juga berkolaborasi dengan sosok Izma salah satu personil dari band Lizzie, mengisi suara instrumental gitar yang dikemas secara rock olehnya. Tak ada sebait lirik pada lagu ini, hanya bentuk instrumentalisasi penggabungan antara unsur musik ballad dan heavy.

Usai dikagetkan pada hadapan pengunjung, Alvin Baskoro menambahkan porsi folk yang lebih dalam lagi khususnya di lagu keempat berjudul “Lekas Kau Gemilang”. Penampilan dengan membawakan lagu keempatnya ini, Alvin juga berkolaborasi dengan beberapa musisi lain seperti Rifki, Aga, dan Sky Sucahyo. Jika lagu sebelumnya hanya suara Alvin yang mendominasi, kehadiran Sky Sucahyo dengan menambahkan suara manisnya pun turut dihadirkan pada performanya. Sky Sucahyo juga merupakan sosok wanita yang telah berkontribusi banyak dalam kehadiran mini album Beranjak ini, khususnya sebagai penyanyi latar dan operator dalam mini album perdana Alvin Baskoro. Usai lagu keempat dibawakan, Alvin pun tak lupa menjelaskan kehadiran Sky Suchayo di mini albumnya kepada pengunjung Spasial pada malam itu.

Dapat dikatakan penampilan Alvin Baskoro pada malam itu cukup menarik, dan terlihat para pengunjung pun silih berganti datang memenuhi area venue. Area venue yang dapat dikatakan tidak begitu luas, seakan menjadi area bermain bagi para pengunjung yang hilir mudik di sekitaran venue bertujuan untuk bertemu dengan berbagai rekannya. Kembali pada pertunjukan. Alvin Baskoro yang kini telah mencapai lagu kelima pada performanya, langsung membawakan lagu berjudul “Pulas”. Tanpa berlama-lama, Alvin Baskoro yang ditinggal bersama Rifki usai membawakan lagu sebelumnya di depan pengunjung pun langsung memetikan suara gitar sendunya. Pada lagu ini Alvin ingin mendedikasikan bagi orang yang berbeda fisik atau pun mental agar ia tetap tenang dalam istirahatnya yang pulas.

Acara hampir usai Alvin pun bergegas langsung membawakan lagu selajutnya yang berjudul “Beranjak”. Pada lagu yang merupakan judul mini albumnya, Alvin Baskoro hadirkan musik nan cukup ceria dalam petikan gitarnya. Lagu yang juga merupakan single pertama yang dirilis Alvin dalam projek solonya ini dibawakan sembari sing a long bersama beberapa pengunjung yang hafal dengan liriknya. Acara pun tanpa terasa telah mencapai puncaknya, yang kini Alvin akan membawakan lagu terakhirnya berjudul “Bermekaran”. Pada lagu ini Alvin menggandeng semua rekan bermusik yang telah berkolaborasi dengannya di beberapa lagu sebelumnya kecuali Izma dan Jon Kastella. Gemuruh riak dari awal menuju tengah hingga akhir lagunya semarak dilantunkan oleh Alvin Baskoro dan pengunjung dengan membacakan kertas yang diberikan kala pembelian tiket masuk yang bertuliskan “Bermekaran Dalam Layunya”. Usai performa yang cukup sederhana dari Alvin Baskoro serta teman kolaborasinya pun menuai tangis bahagia dari Alvin dan diakhiri dengan pelukan suka cita bersama-sama dihadapan para pengunjung.

Usai performanya, Alvin Baskoro didatangi oleh beberapa rekan lainnya dan pengunjung bertujuan memberikan dukungan atas keberhasilan ‘showcase Beranjak’. Tak lepas dari itu, salah satu booth dipojok telah menjajalkan beberapa rilisan kepingan CD Beranjak milik Alvin Baskoro untuk dapat dibeli dengan seharga 35 ribu, dan agar tak melewatkan momen penting para pengunjung yan telah memiliki CD Beranjak pun, meminta Alvin untuk menandatangani satu persatu CD Beranjak milik mereka.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner