Proses Menulis Lagu? Nikmati Saja

Proses Menulis Lagu? Nikmati Saja

Menulis musik. Tidak banyak yang bisa dikatakan, karna menulis musik adalah sesuatu yang alami.Kami sendiri disini hanyalah story-teller buka music writer sungguhan. Tetapi kami ingin berbagi sedikit bagaimana menulis lirik, bentangan nada-nada yang kami rangkum dari beberapa teman musisi kami.

Disini, kami akan sedikit keluar dari jalur yang biasa dilakukan para musisi saat proses menulis lagu dan aransemen.

Menulis Lagu1. Berhentilah mendengarkan musik yang terdengar seperti musik kalian atau musik yang kalian sukai.
Alasannya ringkas saja, kenapa kalian ingin seperti mereka dan mereka ingin seperti kalian. Buatlah musik yang sejujurnya, yang adalah apa yang kalian rasakan. Bukan apa yang kalian dengar. Jadi diri kalian sendiri. Buatlah sesuatu yang unik tanpa memplagiat karya orang lain.
Just be yourself. It's a lot..lot more worth it a hundred million times.

Menulis Lagu2. Eksplorasi instrumen.
Jika kalian seseorang penulis musik/musisi yang alami, kalian tidak akan sungkan untuk mencoba mengekplorasi alat musik lain. Untuk mendapatkan nada-nada yang unik tentunya. Tidak jarang karya masterpiece musisi dunia lahir ketika musisi tersebut memainkan alat yang bukan sering ia mainkan. Contoh, yang biasanya main gitar, ketika memainkan Hammond organ mendapatkan ilham baru, karya baru yang lebih indah dari sebelumnya. Atau, coba berimajinasi dengan memainkan mainan musik anak-anak kecil, mungkin saja mendapatkan ide-ide brilian yang menuntun kalian mendapatkan harmoni musik yang baru.

3. Punya adik kecil di rumah, adiknya teman, atau adik pacar, adik kecengan, anak tetangga ?
Coba kalian perdengarkan demo musik yang kalian buat ke anak kecil umur 5tahun. Secepat apakah dia menerima lagu milik kalian dan menyanyikannya. Apakah dia cepat ingat nada-nada yang telah kalian buat, atau malah tidak menyukai sama sekali. Buatlah alunan nada yang simpel, sederhanakan, dan biarkan segalanya mengalir.

4. Co-writing

Menulis LaguKami tahu, hal ini memang sudah sejak lama dilakukan oleh musisi kelas dunia, atau musisi ruang kamar, dan musisi yang baru-baru ini sedang mengalami sendatan ide berkarya. Seakan-akan berjalan ke sebuah ruangan, dalam keadaan telanjang, dan kalian meminta orang tersebut menilai tubuh kalian seperti apa, apa yang kurang dan lain-lainnya.  Tetapi bayangkan jika yang memperhatikan itu bukan lawan jenis WTF. Buruk sekali bukan? Tetapi hal ini juga perlu, kadang-kadang. Berbagi itu lebih baik bukan. Gunakanlah waktu menulis karya musik ini bersama-sama, dan jangan jadikan beban seperti diburu debt collector karna cicilan motor belum dibayar ya friends. Jika hasilnya buruk, jangan dipaksakan.

5. Menulis lagu, ayat, hook, chorus, setiap hari selama sebulan.

Menulis LaguSeriusan nih, dicicil brad! Ha ha. Walaupun terdengar seperti lagu nina bobo, atau lagu anak kecil tetapi bisa disatukan dan dicari sisi mana yang kurang dan ditambal. Sulam tambal yoi banget bareng temen-temen satu band. Jika punya 30-50 ide, setidaknya satu diantaranya akan menjadi hasil karya yang masuk akal di kemudian hari. Seperti menemukan harta karun.

Selamat mencoba!

dari berbagai sumber 

Foto: murdershewrites.comshutterstockwriting.pinartarhan.com,
moukkesmind.tumblr.com ,favim.com

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner