Perjalanan Bass, Empat Senar Yang Melegenda (part 2)

Perjalanan Bass, Empat Senar Yang Melegenda (part 2)

by: Bobby Agung Prasetyo

Sejarah bass elektrik pertama dimulai saat “Lloyd Loar” mendesain double bass listrik pertama di tahun 1920 untuk “Gibson”.  Bass ini menggunakan pickup electro-static. Tapi sayangnya amplifikasi bass belum ada saat itu. Bass tersebut bernama ‘Gibson Mando-Bass’.

Tapi, evolusi dari bass  elektrik modern yang kita kenal sekarang terjadi ketika  Paulus Tutmarc membuat sebuah bass yang lebih praktis dalam hal ukuran. Yang pertama di buat dengan pickup dan seukuran cello. Tapi terlalu berat, sehingga Tutmarc merancang sebuah bass baru yang lebih kecil, berbentuk seperti gitar, menggunakan fret, dan dimainkan secara horizontal (tidak seperti double bass yang dimainkan vertikal).  Body bass ini panjangnya 42 inci terbuat dari kayu walnut hitam yang kokoh, dan dilengkapi dengan string piano dan pickup. Bass elektrik modern pertama ini mulai dijual di tahun 1935 dengan merk AudiovoxModel 736 Bass Fiddle dan hanya sekitar 100 buah yang diproduksi.

Kemudian di tahun 1936 “Rickenbacker” mulai memasarkan double bass elektrik yang diberi nama Bed-Post Bass, dan Paul Tutmarc memasarkan bass nya dengan merek Serenader di tahun 1939 namun kurang sukses.

Leo Fender yang mendirikan Fender Electric Instrument Manufacturing Company dan sukses dengan FenderTelecaster, mulai merancang sebuah bass elektrik dengan desain body mirip dengan ‘Telecaster’ dan pickup ‘Humbucking’.  Bass ini dinamakan dengan “Precision Bass,” alias “P-Bass” pada tahun 1951. Bass ini disebut bass Presisi karena keakuratan not/nada-nya. Pemain mampu bermain not/nada  yang sempurna karena  adanya frets.  Bagi banyak orang, ini adalah bass listrik pertama.

Pada tahun 1957 pickguard dan headstocknya di redesign mirip seperti gitar ‘Fender Stratocaster’, dan pickup diubah menjadi split pickup. Dan P-Bass yang berbasis ‘Telecaster’ dirubah namanya menjadi Telecaster Bass di tahun 1968.

‘Fender’ mengeluarkan Jazz Bass ditahun 1960 dengan tone yang lebih bright dan rich di midrange. Tidak seperti ‘Precision’, bass ini di bikin dengan dua pickup terpisah. Jazz Bass  ini kemudian menjadi sangat populer.

Bass elektrik pun terus menerus dikembangkan. Bass 5 string pertama ‘Fender Bass V’ dibuat oleh Fenderdi tahun 1965 dengan tuning E-A-D-G-C, namun kurang berhasil di pasaran. Setelah Jimmy Johnson merancang  bass ‘Alembic’ 5 senar dengan tuning B-E-A-D-G, barulah pemakaian bass 5-string menjadi terkenal.

*diolah dari berbagai sumber

foto: net

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner