Penting Ngga Sih Proses Kreatif ?

Penting Ngga Sih Proses Kreatif ?

Seorang pekerja seni pasti dituntut untuk mengeluarkan ide-idenya ke dalam sebuah karya. Guna menunjang kualitas hasil sebuah karya, tentu sebuah proses kreatif tidak bisa dilewatkan begitu saja. Dalam menjalani sebuah proses kreatif, cara yang dilakukan atau bisa dibilang metode yang membangunnya tentu berbeda-beda. Ketika proses kreatif itu bekerja dengan baik, pertanyaan terbesarnya adalah, bagaimana mempertahankan proses kreatif itu? sedikit membantu, berikut ada beberapa cara untuk tetap menjaga gairah kreatif itu tetap ada...

1.  Mengatur Mood
Bagi seorang musisi, menjaga mood tentulah perlu, karena apa yang dihasilkan berkaitan dengan otak-imajinasi-kreatifitas. Pastikan untuk selalu membuatnya tetap baik. Jika apa yang telah dikerjakan membuat stuck ditengah jalan entah karena kehabisan ide atau tenaga, simpan sejenak pekerjaan dan biarkan mood kembali dengan memicu datang hal-hal yang menenangkan dan menyenangkan.

2. Find A New Thing
Jika kamu terbiasa mendengarkan musik genre yang kamu mainkan, cobalah buat denger genre lain. Memperkaya referensi akan sangat menguntungkan dan ini tidak terpatok di musik saja, bisa juga diterapkan pada jenis buku yang biasa dibaca, film yang biasa ditonton, tempat yang biasa dikunjungi dan sebagainya.

3. Mix and Match.
Jika kamu menyukai genre metal misalnya dan personil lainnya atau teman kamu menyukai genre hardcore  atau rock, kenapa tidak mencoba menggabungkannya untuk menghasilkan karya yang cutting-edge? Kegiatan ini jika dilakukan dengan benar, tepat dan sempurna bisa menghasilkan banyak inovasi.

Mudah-mudahan tips singkat tersebut dapat membantu kamu dalam proses berkreasi. Tapi inget, tiap orang punya tips-tips tersendiri buat bikin proses kreatif itu tetap ada. Tetap semangat dan buatlah sesuatu yang kreatif, karena ternyata proses kreatif itu penting.

*disari dari berbagai sumber

Sumber foto istimewa

 

View Comments (1)

Comments (1)

  • Yazz
    Yazz
    5 Jul 2015
    nice posting sangat bermanfaat :)
You must be logged in to comment.
Load More

spinner