Pengaruh Alunan Musik Pada Keseimbangan Jiwa Seseorang

Pengaruh Alunan Musik Pada Keseimbangan Jiwa Seseorang

 

Musik memiliki daya tarik tersendiri yang bisa membuat kita hanyut kedalam setiap alunan melodi sendu ataupun dapat membangkitkan semangat kita memalui musik yang bertempo lebih cepat. Tekadang musik juga dapat membawa kita jauh kedalam emosi yang meletup letup, atau malah sebaliknya malah meredam emosi menjadi lebih stabil. Musik juga dapt membebaskan kita dari tekanan batin, rasa kesepian, panik, dan gangguan mental lainnya.

Karena itu tidak jarang beberapa orang menjadikan musik sebagai sebuah terapi gangguan mental. Susunan interval dan ritme dalam alatmusik memiliki refleksi khusus yang dapat merangsang sel sel saraf sehingga perasaan manusia bisa diperlemah, diperkuat ataupun dialihkan.Pengaruh itu bahkan telah dibuktikan secara ilmiah di sepanjang fase kehidupan manusia, mulai dari masa di embrio hingga masa senja. Bahkan bisa berpengaruh juga pada jenis mahluk hidup lainnya seperti tumbuhan.

Berikut ini beberapa manfaat dari jenis jenis musik yang sering kida dengar sehari hari.

1.      Musik Rap

lirik musik rap tercipta secara spontanitas dan improvisasi. Para peneliti menemukan setiap lirik yang diciptakan secara spontan, penuh improvisasi, dan dibuat tanpa konsentrasi penuh, dapat meningkatkan aktivitas di area frontal cortex dalam otak. Bagian otak pada area ini lah yang menimbuklan stimuli kretaivitas dan ide-ide brilian.

 

2.      Musik Klasik

Peneliti dari Stanford University menunjukkan musik klasik akan membantu pikiran lebih fokus dan dapat memilah informasi. Nada yang ada dalam musik klasik dapat mempertajam otak, sehingga lebih mudah untuk berkonsentrasi

 

3.      Musik dengan tempo cepat / enerjik

Musik memengaruhi sistem saraf pusat untuk melakukan kegiatan sekaligus membantu mengalihkan pikiran Anda dari ketidaknyamanan. Penelitian menunjukkan musik energik cocok didengarkan saat melakukan aktivitas yang cukup berat. Nada cepat yang ada dapat membangun semangat dan memberi inspirasi untuk aktif.

 

 

4.      Musik favorit

Mendengarkan lagu yang Anda sukai dapat memicu pelepasan hormondopamin, sebuah neurotransmitter di otak yang dapat meningkatkan rasa senang. Jadi, sering-seringlah mendengarkan lagu favorit agar mood Anda semakin baik

Sumber Foto : Istimewa

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner