Mengenal Lebih Dekat Genre Musik Dubstep

Mengenal Lebih Dekat Genre Musik Dubstep

Dubstep adalah genre musik dansa elektronik yang berasal dari London Tenggara, awalnya hanya menjadi salah satu tema bagi kalangan tertentu saat merayakan pesta. Dubstep pertama kali diperkenalkan di London pada akhir tahun 90-an. Musik ini punya sound yang khas serta komposisi bass yang nggak beraturan dan terdistorsi.

Musik Dubstep mulai ramai dibicarakan pada 2001 di kalangan anak muda London, Inggris. Dubstep populer buat anak muda yang suka bereksperimen dengan musik garasi. Dengan makin maraknya musik-musik remix juga ikut membuat jenis musik ini tersebar luas.

Pakar dubstep di luar negeri boleh dibilang sangat banyak, seperti Skrillex, Deadmau5, Excition, Zomboy, Kill The Noise, Noisia, dan favorit saya Klaypex serta dubstepper lokal Mardial dan masih banyak lagi. Musik dubstep makin sering didengar di radio, tercatat pada 2003 oleh Dj Jhon Peel yang memainkannya di BBC radio dan Dj Mary Anne Hobbs yang juga memperjuangkan dubstep sebagai salah satu genre musik.

Ciri mendasar dari musik dubstep adalah ritme yang tidak mengikuti hitungan 4/4 seperti yang digunakan oleh genre musik techno dan house. Bassline dalam dubstep juga cenderung lebih tebal. Di Indonesia, sebenarnya sudah banyak acara dubstep yang dibuat, salah satunya acara rutin, yakni ‘24/7 Dubstep’ dan ‘Agriculture’.

Dubstep tidak cuma dimonopoli sama Skrillex aja. Ada banyak musisi dubstep lain yang harus lo dengarkan. Coba deh simak beberapa track ber-genre dubstep yang ada di bawah ini:

Image: makebeatsforever.com

View Comments (1)

Comments (1)

  • skut
    skut
    24 Nov 2016
    mount kimbie asikkk minnn!!
You must be logged in to comment.
Load More

spinner