Memilih Kabel Gitar Yang Nyaman

Memilih Kabel Gitar Yang Nyaman

Kabel adalah salah satu komponen penting dalam dunia musik, akan tetapi sering kali diabaikan. Kabel berfungsi sebagai pengantar sinyal dari sumber suara (instrument atau mic) ke speaker atau ke alat lain untuk diproses lebih lanjut. Oleh karena itu, kabel yang baik adalah kabel yang dapat menghantarkan sinyal tanpa menambahkan atau mengurangi sinyal dari sumber suara, dan karena itu pula, kabel menjadi faktor yang cukup menentukan dalam menciptakan karakter musik.

Dengan banyaknya merk kabel yang beredar di Indonesia, makin membingungkan para konsumen untuk memilih kabel yang sesuai dengan kebutuhannya, maka dari itu Kami dari VOKUZ.com melakukan ujicoba atas 3 buah kabel gitar dengan merk Avionics,Canare, dan CAE.
Pemilihan kabel tersebut didasarkan pada popularitas merk, juga mudah didapat di pasaran, harga yang terjangkau, dan banyak yang merekomendasikan kualitasnya. Namun, bagaimanakah karakter suara masing-masing kabel tersebut sebenarnya ? inilah pengujiannya.

Kabel Gitar Avionics MC22

Kabel Gitar Canare L2T2S

Kabel Gitar CAE S2CEB

 

-Gambar Tabel Komparasi Teknis-

 

Dari spesifikasi diatas terlihat bahwa hanya kabel avionics yang menggunakan material Oxygen Free Copper (OFC) sementara kedua kabel lainnya menggunakan Bare Copper. Kemudian dari diameter luar, Kabel Gitar Avionics merupakan yang terbesar, diikuti oleh Kabel Gitar Canare dan yang terkecil adalah Kabel Gitar CAE. Apabila ditinjau dari spesifikasi teknis terlihat Kabel Gitar Avionics memiliki spesifikasi teknis yang relatif lebih baik dari merk yang lain.Secara teori spesifikasi teknis yang baik mampu menghantarkan signal audio lebih baik. Namun apakah kenyataannya demikian ? mari kita uji coba.

Setelah melakukan serangkaian pengujian yang cukup menyenangka, kesimpulan sebagai berikut: Canare memberikan sound yang cenderung edgy, sustain pada frekuensi mid low dengan sustain yang relatif lebih singkat dibanding dua kabel yang lain, terdengar cut off pada frekuensi low sekitar 6 dB(decibel-red). Untuk CAE , sound yang dihasilkan tebal, Empuk dengan background noise yang relatif lebih tinggi dibandingkan kabel lain.

Kabel ini memiliki karakter attack yang relatif lebih reponsif dan sustain yang relatif lebih panjang dibanding Canare akan tetapi relatif dibawah Avionics. Terakhir untuk Avionics memberikan sound dengan total balance yang lebih baik dibanding merk lain, suara high relatif lebih open dan suara bass lebih deep. Attack dan sustain juga lebih baik dibandingkan dua merk lain.

Semoga dengan pengujian ini, para user dapat dengan lebih mudah menentukan kabel mana yang terbaik dan paling cocok untuk menyajikan karakter suara yang ingin mereka tampilkan. Selamat MencobaJ

Sumber : http://vokuz.com/review-kabel-gitar-canare-cae-dan-avionics

Foto : Sumber saduran

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner