Lirik Sebagai Senjata Utama Dalam Sebuah Lagu

Lirik Sebagai Senjata Utama Dalam Sebuah Lagu

Di setiap lagu, lirik adalah senjata paling kuat yang dimiliki pembuat lagu. Coba tanya ke teman Anda, apa yang dia sukai dari lagu favoritnya?

Jawabannya ada 2 kemungkinan: vokalnya enak atauliriknya dalem.

Lirik adalah cara Anda menyampaikan pesan dalam lagu Anda, melalui rangkaian cerita. Cerita inilah yang dicari oleh pendengar dalam lagu Anda, mereka ingin merasakan emosinya.

Walau kadang bisa terasa sangat susah, membuat lirik itu mudah. Yang tidak mudah adalah membuat lirik yang pas di hati para pendengar Anda.

Berikut adalah beberapa tips membuat lirik lagu yang semoga membantu Anda membuat lagu:

1. Pilihlah tema lagu
Langkah pertama selalu dimulai dari tema, atau ide atau konsep. Semakin matang konsep yang Anda ramu di awal, semakin bernyawa lagu Anda jadinya di akhir.

2. Buatlah kerangka cerita
Kalau Anda melewatkan langkah ini, lagu Anda bisa terdengar monoton atau membosankan atau biasa biasa saja. Akibatnya, mungkin ada yang mendengarnya dan suka, tapi tidak sampai membeli atau menjadi penggemar Anda.

Membuat kerangka cerita sama seperti membangun fondasi dan pilar sebuah rumah. Kerangka inilah yang akan mendukung tema utama Anda. Lagu yang ada kerangka ceritanya, akan memiliki identitas yang kuat.

3. Buat judul yang khas
Dari kerangka ceritanya, Anda bisa menentukan judul. Jangan Anda anggap remeh judul lagu, karena judul memegang peranan yang sangat penting.

Judul lagu adalah momen pertama dimana Anda bisa memperlihatkan bahwa karya Anda beda dari yang lain. Saat pembuat lagu yang lain menggunakan judul yang “pasaran”, Anda muncul dengan judul yang khas sehingga langsung menarik perhatian calon pendengar.

4. Tulis lirik Anda (pilih kosakatanya)
Anda sudah punya tema. Anda sudah bangun kerangka ceritanya. Anda juga sudah punya judul khas.

Sekarang saatnya Anda tulis lirik lagu Anda. Disinilah kreativitas Anda berperan. Disinilah Anda menunjukkan kenapa Anda berbeda dari pembuat-pembuat lagu yang lain.

Nah, gimana? Udah kepikiran mau nulis lagu tentang apa?

Foto: Circara & Lovomusic

 
View Comments (1)

Comments (1)

  • Piyong
    Piyong
    26 May 2016
    Ya Karena Musikalitas Di Era Sekarang Hanya Monoton Tentang Cinta
You must be logged in to comment.
Load More

spinner