Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Pernah diragukan!

Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Pernah diragukan!

by: Bobby Agung Prasetyo

Orisinalitas Lagu Kebangsaan Indonesia Raya diragukan? Ya, itu pernah terjadi. Remy Sylado, seorang budayawan dan seniman senior Indonesia, mengatakan bahwa lagu Indonesia Raya merupakan jiplakan dari sebuah lagu yang diciptakan tahun 1600-an berjudul Lekka Lekka Pinda Pinda. Kaye A. Solapung, seorang pengamat musik, menanggap tulisan Remy dalam Kompas tanggal 22 Desember 1991.

Ia mengatakan bahwa Remy hanya sekadar mengulang tuduhan Amir Pasaribu pada tahun 1950-an. Ia juga mengatakan dengan mengutip Amir Pasaribu bahwa dalam literatur musik, ada lagu Lekka Lekka Pinda Pinda di Belanda, begitu pula Boola-Boola di Amerika Serikat. Solapung kemudian membedah lagu-lagu itu. Menurutnya, lagu Boola-boola dan Lekka Lekka tidak sama persis dengan Indonesia Raya, dengan hanya delapan ketuk yang sama. Begitu juga dengan penggunaan chord yang jelas berbeda. Sehingga, ia menyimpulkan bahwa Indonesia Raya tidak menjiplak.

Beberapa pendapat muncul tentang kemiripan kedua lagu tersebut. Ada yang menyebutkan bahwa W.R. Soepratman lah yang menjiplak karena lagu Lekka Lekka Pinda Pinda. Namun sayang, keadaan berpihak pada Soepratman. Mengapa? Karena ternyata, lagu asal Belanda tersebut populer pada tahun 1933, terinspirasi dari sebuah kue bercita rasa nikmat yang dibuat oleh orang-orang Cina akibat dilanda peristiwa kemiskinan “The Great Depression” pada 1933. Kue kacang ini kemudian sangat disukai di Belanda.

*diolah dari berbagai sumber

foto: istimewa

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner