Ketika Album Musik Memberikan Misi Mulia

Ketika Album Musik Memberikan Misi Mulia

Beberapa musisi independen lokal ternyata memiliki misi mulia. Selain merilis album, ada beberapa yang memiliki misi mulia untuk membantu sesama melalui gerakan-gerakan berbasis sosial. Musik tak hanya dapat menjadi media pemberdayaan sosial melalui lirik lagu, akan tetapi juga musik juga dapat memberikan sosial melalui penggalangan dana. Musik memang media yang paling populer, apalagi untuk mengumpulkan massa. Di bawah ini merupakan album yang seluruh keuntungan penjualan albumnya didonasikan untuk pemberdayaan sosial:

 

Kompilasi Organize! (Grimloc Records, 2016)

Akhir tahun lalu, label rekaman asal Kota Bandung Grimloc Records merilis album kompilasi bertajuk Organize! yang merangkum band-band metal, punk, hardcore, dan hiphop potensial dari tanah Kota Kembang seperti Bars of Death, Eye Feel Six, Godless Symptoms, Alice, dan masih banyak lagi. Namun, musik-musik yang ada dalam kompilasi tak hanya agresif dan berteriak lantang menyuarakan isu-isu sosial politik, namun ada misi pemberdayaan sosial didalamnya. Seluruh keuntungan dalam album ini akan didonasikan untuk kegiatan-kegiatan komunitas kota. Seperti yang dituliskan dalam liner notes, isu kota menjadi salah satu isu penting karena geliat komunitas di tengah kontestasi komoditas yang terjadi. Hiruk pikuk dan himpitan ruang bagi ruang gerak komunitas kian terbatas karena beberapa ruang kota sudah menjadi ruang komersil seperti apartemen dan mall. Seluruh keuntungan dari kompilasi Organize! ini didonasikan bagi komunitas kota seperti Perpus Jalanan dan Rumah Bintang yang selama ini memang focus memberikan layanan sosial. Dukungan dari kompilasi Organize! terhadap komunitas tentu saja sangat penting dan berarti.

Anak Kali Citarum (Budi Cilok & Teatrikal, 2016)  

Budi Cilok merilis album ke empatnya dengan tajuk Anak Kali Citarum (AKC). Album ini merupakan hasil kolaborasi Budi Cilok bersama teman-teman dari Band Teatrikal dan dirilis dalam kepingan CD. Sesuai dengan judulnya, album ini memang ditujukan untuk mereka yang berada di sekitaran Kali Citarum. Ia memiliki tujuan untuk membangun Taman Baca Anak Kali Citarum, yang didirikan dari hulu Sungai Citarum sampai tak terhingga. Dua saung baca Anak Kali Citarum (AKC) sudah berdiri hari ini. Hasil penjualan album ini akan didonasikan seluruhnya untuk mendukung Taman Baca Anak Kali Citarum. Uniknya lagi, harga jual dari album Anak Kali Citarum ini tidak ditentukan. Siapapun bebas membeli album ini dengan harga berapapun, seikhlasnya. Album ini memang belum secara resmi dirilis, tetapi sudah mulai tersebar ke beberapa titik.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner