Kelengkapan Press Kit Sebagai Penunjang Promo Sebuah Grup Musik

Kelengkapan Press Kit Sebagai Penunjang Promo Sebuah Grup Musik

Ketika kita membentuk sebuah band, banyak unsur yang harus dipenuhi demi kemajuan band itu sendiri. Selain tentunya segala hal yang berhubungan dengan musikalitas, misalnya skill bermusik, aliran yang diusung, referensi, maupun eksplorasi, dan lain sebagainya, ada hal-hal yang mengikuti di belakangnya. Salah satu target yang paling krusial adalah bagaimana caranya agar musik yang kita ciptakan dapat didengar dan dinikmati oleh khalayak ramai.

Berkaca dari kebutuhan promosi grup musik tersebut, tentu ada strategi pemasaran yang mesti dilakukan. Salah satu perantara yang tidak pernah usang untuk dijadikan strategi dalam memperkenalkan karya adalah melalui media massa.  Lalu, apa saja yang perlu dipersiapkan ketika sebuah band hendak meramu promosinya melalui media? Tentunya adalah press kit.

Jika sebuah band ingin dipasarkan, sudah seharusnya band tersebut memberi keterangan jelas dan lengkap agar tujuan yang ingin disampaikan dapat diserap dengan optimal. Tapi ternyata, belum semua pelaku musik memenuhi kebutuhan dari press kit yang sebenarnya penting. Jadi, apa saja yang perlu disiapkan dalam sebuah press kit?

 

Press Release

Inilah hal terpenting dalam press kit. Press release adalah sebuah dokumen yang menjadi wadah untuk band tersebut memberi info mengenai karya maupun kegiatan yang mereka lakukan. Misalnya, ada sebuah band yang merilis sebuah album, maka dalam press release tersebut sekurang-kurangnya dijelaskan mengenai tajuk album, konsep yang diangkat, dan track list dalam album tersebut. Semakin lengkap dan menarik press release dari sebuah band, maka konten yang bisa diangkat oleh media pun akan semakin kredibel dan informatif.

 

Profil Band

Karena media merupakan salah satu wadah promosi, maka sudah pasti subjek yang ingin dipromosikan harus juga diidentifikasi. Profil band disini berguna untuk menjelaskan tentang keterangan dalam tubuh band itu sendiri. Keterangan yang disertakan tidak jauh dari biodata mengenai band atau musisi agar eksistensinya menjadi lebih spesifik. Biasanya, yang ditunjukkan dalam profil band adalah nama band atau musisi perseorangan, personil beserta bagiannya dalam bermusik, genre, referensi, atau bahkan sejarah singkat yang dianggap menarik untuk diketahui orang lain.

Foto Band atau Logo

Selain nama, bentuk identitas yang paling penting adalah melalui foto band. Ini merupakan lanjutan dari kebutuhan identifikasi subjek. Foto band haruslah berformasi lengkap dan terkini agar informasi yang disampaikan pun masih up to date. Selain foto, logo band juga salah satu hal penting untuk diperkenalkan, dan ini adalah salah satu bentuk identitas yang mudah untuk diingat. Ada beberapa band yang berkonsep misterius, sehingga untuk menampilkan foto personil adalah hal yang tidak mungkin. Maka, logo band adalah jalan keluar bagi band yang ingin tetap mempertahankan konsep tanpa harus melenceng dan tetap dapat dikenal.

 

Artwork dari Karya Terbaru

Selanjutnya, apa sih yang hendak dipromosikan oleh si band? Tentu, karyanya. Cover album, single, EP, atau apapun yang berkaitan dengan karyanya bisa dijadikan medium untuk membuat semua mata yang melihat visualisasi ini menjadi familiar. Katakanlah ada seseorang yang pergi ke toko kaset dan CD lalu melihat ada gambar yang tidak asing di matanya, pasti ia akan melirik. Itu adalah salah satu benefit ketika band memperkenalkan visualisasi dari karya terbarunya. Jadi, buatlah visualisasi yang eye-catchy, sehingga ketika media mengangkat dan orang-orang melihat, karya itu akan mudah diingat.

 

Lagu, Video, atau Dokumentasi

Nama band sudah, foto personil sudah, keterangan tentang karyanya sudah, lalu apalagi? Jelas, karyanya itu sendiri. Ada media yang langsung menyertakan review terkait karya yang dihasilkan. Meskipun tidak seluruhnya, tetapi karya tersebut dinyatakan perlu untuk disertakan sebagai pertanggungjawaban dari aktivitas promosi yang dilakukan si band. Karya tersebut bisa berupa audio, video, atau dokumentasi dari band yang menyelenggarakan konser atau acara-acara serupa.

Link Streaming

Di era teknologi informasi seperti ini, internet merupakan salah satu andalan untuk orang-orang mengakses segala macam informasi. Tidak terkecuali tentang band dan musiknya. Link streaming dibutuhkan untuk menjadi “pemanasan” sebelum para pendengar membeli rilisan fisiknya. Bahkan, proses bersifat komersil pun sudah dapat dilakukan via internet. Jadi, hal ini sudah menjadi hal yang semi wajib agar sang band dapat lebih mudah untuk diperhitungkan.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner