Artikel Musik : Jenis jenis Harmonika

Artikel Musik : Jenis jenis Harmonika


Buat kita penyuka musik blues dan country, mungkin enggak asing lagi sama yang namanya harmonica.  Harmonica  adalah sebuah alat musik tiup kecil yang mengeluarkan suara khas ala musik cowboy. Cara memainkanya cukup simpel dengan cara ditiup atau disedot, tentunya tidak asal tiup dan sedot ya. Ada banyak teknik memainkan harmonica juga yang musti kita pelajari. Harmonica juga memiliki banyak jenis yang beragam, berikut ini ada beberapa macam jenis harmonica yang mungkin bisa jadi pilihan kamu para pemula.
1.    Chord Harp

Ini bisa dibilang harmonica paling gede plus paling banyak memiliki chord  yang masing masing dibedakan dari lubang tiup dan lubang sedot. Harmonica ini termasuk edisi khusus untuk pemain classic atau harmonica group.

2.    Tremolo dan Echo Harp

Sesuai dengan namanya harmonica ini memberikan efek gema atau berulang pada nada yang kita mainkan, umumnya harmonica jenis ini memiliki 12 semitone

3.    Chromatic Harp

Bentuknya sudah jelas kelihatan beda karena harmonica ini memiliki tombol di samping. Tombol tersebut berguna  untuk menggeser slide penutup lobang yang ada untuk menghasilkan nada-nada cres. Contohnya di lobang nomer 3 itu bunyinya C berarti kalo kita tekan tombol itu maka bunyinya bisa jadi C# atau Db. Biasanya dipakai buat mengiringi jenis musik pop, jazz, dan classic.

4.     Diatonic Harp

Seperti yang ada digambar, diatonic bentuknya seperti itu. Punya 10 lubang, dan harmonica ini punya modal richter-tuned yang artinya memungkinkan kita untuk memainkan 1 kunci harmonica di beberapa chord yang berbeda. Biasanya dipakai untuk mengiringi jenis musik blues, country, dan folk, tapi ga menutup kemungkinan juga bisa diterapkan ke jazz ataupun classic.

Udah lihat kan beberapa jenis harmonica yang pastinya kece-kece ini, nah sekarang selamat memilih harmonica  yang paling sesuai dengan karakter suara yang kalian inginkan. Keep calm and play harmonica louder as you can be!!!Cheers

Sumber Foto :Istimewa

COMMENTS

You must be logged in to comment.

RELATED NEWS

Website ini hanya diperuntukkan bagi Anda yang berusia 18 tahun ke atas.