Iringan Musisi Indie Dalam Soundtrack Film

Iringan Musisi Indie Dalam Soundtrack Film

By: Cynthia Novianti

Berawal dari menyanyi panggung ke panggung merupakan titik awal musisi independen ataupun yang berjalan bukan di arus utama. Ternyata karya yang mereka apresiasikan tidak hanya dinikmati untuk di panggung, lewat film beberapa lagu musisi indie ini menjadi soundtrack film Indonesia maupun luar negeri. Berikut empat nama band indie yang namanya cukup besar di scene lokal dengan lagu mereka yang berhasil menjebol dunia perfilman:

1. ‘Catatan Akhir Sekolah’, ‘Untuk Rena’ - Mocca

Swing pop ternama Mocca berhasil terlibat dalam pembuatan lagu soundtrack film "Catatan Akhir Sekolah" karya Hanung Bramantyo dan soundtrack sinetron TV "Fairish the Series". Kemudian, dalam film “Untuk Rena”, Mocca juga membuat sebuah mini album berisi enam lagu, dimana dua diantaranya berbahasa Indonesia. Mini album ini sebelumnya berjudul "Sunday Afternoon". Arina cs terinspirasi naskah cerita film anak-anak berjudul "Untuk Rena". Para lulusan Institut Teknologi Nasional Bandung ini tak hanya mendapat inspirasi, mereka juga mendapat kesempatan untuk memasukkan "Happy!" dan "Sebelum Kau Tidur" sebagai soundtrack film garapan Riri Riza itu.

  

2. ‘Hijabers In Love’ – Payung Teduh (Berdua Saja)

Kuartet folk yang hits dengan lagu menyejukan hati pendengarnya ini diajaki untuk mengisi soundtrack film “Hijabers In Love”. Ichwan Persada, sang produser "Hijabers in Love" mencoba untuk tidak mainstream dengan mengajak band indie tanah air. Dalam lagunya yang berjudul ‘Berdua Saja’ menjadi salah satu pengiring film tersebut. Selain itu, tak hanya Payung Teduh saja Easy Tiger, Skala, Affen, Sarah N Soul ikut mengisi soundtrack dalam film tersebut.

 

3. ‘Berbagi Suami’ - Sore (Pergi tanpa Pesan, No Fruits For Today)

Berbagi Suami adalah album kompilasi yang dirilis di bawah label indie kenamaan Aksara Records yang berkolaborasi dengan Kalyana Shira Films pada tahun 2006 untuk mengiringi film Berbagi Suami. Ade Firza Paloh dkk menambahkan lagu mereka ‘Pergi tanpa Pesan’ dalam menit 3:25 dan ‘No Fruits For Today’ dalam menit 4:58 lagu ini merupakan lagu bonus dalam album ini, dimana lagu tersebut aslinya dirilis dalam Sore yang berjudul Centralismo (2005).

4. ‘Berbagi Suami’ - White Shoes And The Couples Company (WSATCC)

Hal yang sama yang dirasakan WSATCC ini, lagu mereka masuk menjadi soundtrack dalam film ‘Berbagi Suami’. Lagu yang dipakai ialah ‘Sabda Alam dalam menit ke 4:10 dan ‘Bersandar’ .

 

Sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Mocca_%28grup_musik%29

foto: Istimewa

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner