Inilah Kolaborasi Tiga Band Dalam Satu Album

Inilah Kolaborasi Tiga Band Dalam Satu Album


Dalam segi bermusik unsur kolaborasi jelas diperlukan. Selain menjadi pembeda dibandingkan karya lainnya, kolaborasi dalam bermusik juga memberi nuansa tersendiri kala menikmatinya. Tak salah, jika beberapa musisi kerap menggunakan kolaborasi untuk memberikan suguhan unik pada penikmatnya. Kolaborasi yang kerap dilakukan oleh musisi pun kian beragam seperti, salah satunya Three Way Split Album.

Berikut merupakan beberapa hasil kolaborasi berupa rilisan fisik, bertajuk Three Way Split Album lokal yang layak untuk dimiliki:

Suri/Jelaga/Sigmun
Menggaung dalam alunan distorsi dalam setiap putarannya. Vinyl Three Way Split pertama milik Orange Cliff Records resmi dirlis dalam kepingan vinyl 12” berjumlah 100 kopi tahun 2012 silam. Dalam split album ini diisi oleh tiga band bernuansa psychedelia lokal, mereka adalah Suri (Stoner Rock, Jakarta), Jelaga (Southern Rock, Jakarta) dan Sigmun (Psychedelic Rock, Bandung). Perhelatan dalam merilis split album ini juga digelar, memilih lokasi salah satu bukit Moko, Bandung. Terdapat 6 lagu dari tiga unit berbeda didalamnya. Seperti Jelaga menaruh dua lagu berjudul “War Song” dan “Red Sky”. Sigmun hanya satu lagu berjudul “Long Haul”. Sedangkan Suri tiga lagu berjudul “Syubuh”, “Policy” dan “Nausea”. Keseluruh materi dalam split album itu terdapat berbagai elemen musik serta dengan tempo yang kian beragam antara satu dengan yang lainnya. Serta dengan tampilan artwork hasil kreasi dari Morrg (Rajasinga) berupa piramyd berada di tengah bebatuan. Dapat diibaratkan kombinasi musik seperti Kyuss, Motorhead, dan Led Zeppelin disatu padankan dalam sebuah medium rilisan fisik.

Garna Ra/ Serigala Jahanam/ Klab Baca Trio Angkasa
Meliuk dalam alunan melody yang berkombinasi dengan alunan gloomy, hingga menghentak dengan kencang. Menjadi keunikan tersendiri untuk Three Way Split Album yang diisi oleh Garna Ra (Math Rock, Semarang), Serigala Jahanam (Post Hardcore, Bandung), dan Klab Baca Trio Angkasa (Post Rock, Bandung). Split Album yang dirilis oleh Wasted Rockers Recordings tahun 2012 silam, dibentuk dalam format cangkang kaset pita berjenis C-30. Di dalamnya terdapat tiga materi dari tiga unit berbeda. Garna Ra menyumbangkan lagu berjudul “Lidah Api Matahari (Girez Mix)”, Serigala Jahanam mengisi lagu berjudul “Old Memorable Vehicle Crash”, ditutup lagu dari Klab Baca Trio Angkasa berjudul “Dialektika Mazhab Rimbaudan (2012 version)”.  Untuk visual kovernya pun, dibuat khusus oleh Painsugar yang menggabarkan beberapa makhluk hidup dengan teknik free hand drawing.

Toxic Warriors (Terapi Urine/Piston/Jangar)
Memilih perhelatan Records Store Day 2016 silam sebagai tahun perilisannya. Three Way Split Album bertajuk Toxic Warriors resmi dicetak dalam cangkang kaset pita. Dalam kolaborasi ini, di isi oleh tiga unit dengan genre serta kota yang berbeda. Diantaranya berupa Terapi Urine (Grindcore, Bandung), Piston (Speed Rock, Jakarta), dan Jangar (Doom Metal, Bali). Penggabungan dari ketiga band berbeda ini mengusung konsep lintas genre dan lintas daerah. Terbilang unik dari segi materi sembilan lagu didalamnya, serta tempo musik pun lebih berani. Bayangkan jika musik cadas dengan tempo super cepat ala Grindcore, bertemu dengan kencangnya Speed Rock, hingga mendarat dengan tempo lambat ala Doom. Seakan memberikan nuansa tersendiri kala menikmatinya dengan porsi yang cukup bahaya.

COMMENTS

You must be logged in to comment.

RELATED NEWS

Website ini hanya diperuntukkan bagi Anda yang berusia 18 tahun ke atas.