Hockey Hook: “Kalian Harus Tahu Sejarah Ska Punk di Bandung”

Hockey Hook: “Kalian Harus Tahu Sejarah Ska Punk di Bandung”

Setelah merilis album bertajuk Randomness di bawah bendera Eastern Wolves Music, Hockey Hook ikut menjadi salah satu penggerak untuk musik Ska Punk di Bandung saat ini. Hockey Hook yang digawangi oleh Rery (Drum), Upay (Vokal/tentatif), Ongki (Vokal/Gitar),  Ojan (Bass/Back Vokal), Aqbil (Saxophone Tenor), Ibeng (Trumpet), BG (Trumpet),  Eki (Percussions), dan Tsar (Gitar/Back Vocal) ini ikut terlibat juga dalam kompilasi Time For Skunx.

Ide awal untuk pembentukan album kompilasi Time For Skunx hasil gagasan Ongki, salah satu personil Hockey Hook. Kompilasi ini diharapkan dapat menciptakan dampak positif bagi para pecinta musik Ska Punk antar lintas generasi. Dalam menyuarakan movement yang ingin dikembangkan, kemudian dibuatlah acara pesta rilis party untuk album kompilasi Time For Skunx yang menghadirkan beberapa musisi Ska Punk lintas generasi di atas panggung beberapa waktu lalu. Bagi Ongki dan Hockey Hook mereka berharap kompilasi Time For Skunx dapat memmberi harapan lebih baik untuk berkembangnya musik/subkultur Ska Punk.

 

Bisa ceritakan bagaimana pendapat kalian setelah tampil dalam tajuk Time For Skunx ini?

Kalau dibilang senang terlalu mainstream, dan itu pasti. Lewat acara yang dimeriahkan oleh sembilan band ini, kami sekaligus ingin memperkenalkan bahwa musik Ska Punk di Bandung diawali oleh lima band terdahulu yang masuk dalam kompilasi ini. Terus yang pasti kebanggaan bagi kami bisa tampil di salah satu movement yang digerakkan bukan untuk mencapai harapan yang gimana-mana, tapi inilah kami.

 

Apa yang kalian tahu mengenai sejarah musik Ska Punk di Bandung sendiri?

Perjalanan Ska Punk di Bandung itu awalnya diperkenalkan oleh satu band, Agents Skins namanya yang bawa musik Ska Punk di Bandung. Dan memang sejarah musik Ska Punk di Bandung itu ya Ska Punk pada awalnya. Namun, seiring perjalanan jaman ada missing link yang berkembang lewat Rock Steady. Sebenarnya nggak salah sih perkembangan itu, cuma jadi satu pusat musik seperti itu dan nggak ada ekspresi lain dalam musiknya. Saya sering menemukan fenomena di mana Rock Steady sedang banyak massanya, dan ketika Ska Punk seperti kami main, ya, sama-sama nikmatin saja. Kami juga tidak menyalahkan Rock Steady itu berkembang di sini, dan itu memang roots musik Ska.

 

Kalau ingin berbicara movement, lewat album kompilasi ini bagi Hockey Hook apa yang dirasakan?

Ya sebenarnya movement yang kami rasakan adalah kerja keras aja sih. Kami melakukan pergerakan ini juga nggak berharap lebih dan selebihnya kami bisa lihat lewat acara rilis party Time For Skunx ini. Untuk kedepannya kami harap walaupun, apresiasi yang kami dapat mungkin sama saja atau bertambah pokoknya pergerakan ini terus jalan dan nggak akan berhenti sampai di sini.

 

Lagu yang kalian masukkan untuk kompilasi ini merupakan materi lama atau materi baru yang dikhususkan untuk materi ini ?

Kami bikin satu lagu khusus untuk Time For Skunx ini judulnya “Zaman Baru”. Materi lagu kami yang dimasukkan dalam album kompilasi ini juga mungkin akan dimasukan dalam album baru nanti.

 

Kalau dari segi konsepnya sendiri, “Zaman Baru” ini menceritakan mengenai perihal apa ?

Jadi di album kompilasi ini bermacam-macam ya, dari yang muda sampai yang tua. Jadi kami selaku band baru, ingin menunjukan jaman baru. Kalau misalkan secara temanya sendiri, mungkin nggak secara keseluruhan kami menggambarkan jaman baru itu sendiri. Hanya kacamata personal kami sendiri terhadap lingkungan. Kalau saya bertukar pikiran dengan beberapa teman yang bergerak dalam movement juga. Mereka sudah tahu apa yang harus dilakukan, sedangkan dalam lagu ini ibaratnya seperti teknologi lah. Apabila teknologi sudah canggih, orang-orang lebih suka berdebat lewat komentar, tapi tidak pernah ketemu ya kurang lebih seperti itulah. Mungkin misalkan kayak kami pernah baca, jaman orde baru itu korupsi di bawah meja tapi kalau sekarang di atas meja.

 

Apa harapan kalian untuk musik Ska Punj di Bandung atau nasional seperti apa kedepannya ?

Harapan Hockey Hook untuk musik Ska Punk semoga kedepannya, tidak mati. Walaupun kemakan jaman. Juga makin banyak band-band yang lebih inovatif, dan kalau kita lihat di luar juga sudah ada gelombang kelima lagi musik Ska yang di colabs sama death metal. Mudah-mudahan di Indonesia yang baru juga ada lagi, bukan mengikuti tapi bikin yang baru gitu.

 

Bisa kasih bocoran gak untuk materi yang sekarang tengah digarap ?

Sebenarnya sudah ada kepikiran bagaimannya. Cuma bagi saya (ongki) sendiri selaku penulis lirik, bakal bisa disatutemakan dengan beberapa hal mungkin seperti televisi, jaman baru atau lainnya yang masih sekitar hal tersebut. Untuk musikalitas sendiri, kami mungkin akan lebih menonjolkan karakter musik dari Hockey Hook sendiri dan itu kita balikan lagi ke pendengar masing-masing.  

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner