Hip Hop ala Wong Jowo, Jogja Hip-Hop Foundation

Hip Hop ala Wong Jowo, Jogja Hip-Hop Foundation

Nge-rap selalu identik dengan Amerika dan ras negro. Tapi pernahkan mendengar rapper nge-rap dengan bahasa jawa? Atau ada yang pernah mendengar nama Jogja Hip-Hop Foundation? Sebuah komunitas musisi rap dan hip-hop asal Yogyakarta yang didirikan pada tahun 2003 oleh Marzuki Mohammad alias Kill The DJ alias Chebolang. JHP dibentuk untuk membantu aktivitas dan mempromosikan rap berbahasa jawa. Beberapa musisi hip-hop juga turut mendukung antara lain duo Jahanam, Radjapati, Rotra, Dj Vanda dan salah satu pesinden yang cukup dikenal, Soimah Pancawati.

Berbagai event dan project telah mereka buat seperti It’s Hip Hop Reunion dan Angkringan Hip Hop, lalu pada tahun 2006 sampai 2009 dengan nama Poetry Battle, yang kemudia membentuk identitas dan sikap dalam berkarya mereka.

Berangkat dari keunikan yang menggabungkan dua budaya yang berbeda antara musik hip-hop dan tradisi jawa, Jogja Hip-Hop Foundation bisa mengunjungi beberapaa negara seperti Singapura dan Amerika Serikat. Tahun 2009 mereka tampil di Esplanade, Singapura. Pada tahun 2011, mereka mengunjungi negeri Paman Sam, dan tampil di dua kota, New York dan San Fransisco

Walaupun menghadapi berbagai kendala salahsatunya, sulit untuk mendapatkan tempat di industri musik Indonesia, tidak membuat mereka untuk stuck dalam berkarya. Lagu-lagu Jogja Hip-Hop Foundation malah menjadi lagu rakyat di Yogyakarta. Terbukti dari lagu Jogja Istimewa yang menjadi soundtrack kehidupan rakyat di Yogyakarta.

Foto : Istimewa

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner