Heavy Monster, Original Surabaya Ska Rudeboys Reggae-Music

Heavy Monster, Original Surabaya Ska Rudeboys Reggae-Music

By : Karel Trinov

Heavy Monster adalah band yang terbentuk di kota Pahlawan Surabaya pada bulan September sekitar tahun 1998 . Bermula dari berkumpulnya empat orang yang mempunyai keinginan untuk bermain musik. Formasi saat itu Irhan main gitar, Rois menjadi vokalis, Heri pada bass, dan Herman main drum, dengan membentuk sebuah band. yang membuat perpaduan antara ska, reggae, swing, punk, dan rock. Beberapa band luar negeri seperti The Specials, Madness, Operation ivy, Bob Marley And The Wailers, The Slackers, Rancid.. adalah sebagian kecil yang menginspirasi gaya bermusik racikan mereka. 

Di era kejayaan ska dan dj reggae yang ada di jamaika, heavy monster merupakan sebutan bagi band-band yang mempunyai sound yang cool, dahsyat dan bermain musik dengan agak berbeda ( Dave & Ansel Collins), Kemudian sebutan heavy monster sound ini dipopulerkan oleh Prince Buster seorang DJ di Jamaika dan band asal british MADNESS dalam intro lagunya One Step Beyond, versi madness. Pada tahun 1999 komunitas Ska di surabaya sudah mulai Berkembang dengan pesat ditandai dengan munculnya band yang memainkan Ska gelombang ke3. Salah satu scene Ska yang pernah ada bernama Skartajaya, Karena tempat tongkrongannya berada di jalan Kertajaya. Band seperti Indahnya Pohon Cemara, Two Face, Alskatraz, Dancing Alaska dan Heavy Monster sendiri mulai mewarnai Surabaya dengan musik Ska yang masing-masing mempunyai ciri khas yang berbeda-beda. Heavy Monster saat itu masih membawakan beberapa musik dari The Mighty Mighty Bosstones dan The Specials. Beruntung saat itu kami berkenalan dengan Mas Santo seorang Skinhead bertato di kepala, yang memberi kami banyak refrensi beberapa rekaman kaset band ska luar negeri dengan kover fotokopian.



Pada tahun 2001 Heavy Monster menghasilkan sebuah single pertama mereka berjudul “Tonight” yang berhasil masuk dalam kompilasi “Milik Umum” (boneka tanah records) Dalam lagu ini vokal dibawakan oleh Irhan, Aak memainkan trumpet, herman gebuk drum, Heri-Bass, Roland-Kibord, Yudho-Altosax, Joel-trombone. Their first record was not bad enough.! Walhasil pernah diputar di beberapa radio lokal. Kemudian mereka merekam single “Dan Semua Indah” versi akustik pada tahun 2004, namun sangat disayangkan lagu ini tidak menjadi hits. Tahun 2006 bulan ramadhan, Mereka mulai menggarap serius mini album, 4 lagu di studio daerah Prapen yakni “One Message One Love, Tonight, Paperboi”. Pada bulan Desember 2006. Yang kemudian pada 15 Juli 2007 launching album pertama Heavy Monster, Bertajuk One message One Love di komplek eks pabrik bir AJBS. Setelah itu dalam waktu 3 hari mereka mampu menjual album mereka yang di cetak secara terbatas 200 copy kaset. Saat ini Heavy Monster sedang membuat recording dengan beberapa komposisi antara jazz, rock and roll, Blues dengan menggabungkan rhythem tradisional ska. Beberapa lagu baru diantaranya Andai, Hutan Beton, Got no job, Body And Soul, yang sering dibawakan juga saat perform. Beberapa gigs telah Heavy Monster jelajahi, mulai dari acara Ska Party, Jamaican Night Sound, Reuni akbar punk berseri di Malang, acara akustik live on air di radio lokal, Ngamen di Taman, Pensi SMA, menjadi pembuka band-band kenamaan Ibukota, Bahkan membuat konser tunggal pada launching album.

November 2009 Heavy Monster mengeluarkan Re-packaged album “One Message One Love” yang di rilis oleh Fukyu Records, dengan tambahan 2 lagu baru yaitu Andai dan Body & Soul, dan tentunya dengan kover yang cocok untuk koleksi di rak CD anda. Perjalanan panjang dan berbagai hambatan yang telah menyertai karir Heavy Monster selama ini, telah membulatkan tekad mereka untuk keukeuh di jalur musik dan membuat mereka lebih terpacu dalam kualitas bermusik. Bahkan tak ada batuan yang besar mampu menghentikan. “Hey you Don’t watch that! Watch this, this is the Heavy Heavy Monster Sound,!”.

Contact:

https://www.facebook.com/pages/Heavy-Monster/79560908538?sk=timeline

https://twitter.com/heavymonsterska

http://www.heavymonster.wordpress.com

  • Press Contact : heavymonsterska@gmail.com | magixriddim@yahoo.com
  • Booking Agent 0818512066 / 031-91901051 / +62 8563099254

 

 

Foto: Heavy Monster Ska Docs.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner