E - Sitar, Musik Raga Menuju Nirwana

E - Sitar, Musik Raga Menuju Nirwana

Tujuh belas senar dipatenkan ke tubuh kawin silang Fender “Jazzmaster” dan Rickenbacker 4001 – V63 bass. Instrumen modifikasi ini disebut – sebut sebagai e - sitar, atau elektrik sitar. Memang tidak ada yang berbeda dari bentukanya, hanya penambahan 17 senar, dan sistem pikap magnetic layaknya gitar elektrik, sehingga memungkinkan musisi yang memainkannya menghadirkan eksotisme dan aura mistis sitar yang dibalut sound rock yang dahsyat.

Pikap nya sendiri diambil dari merk Seymour Duncan, dan bagian neck sitar diambil dari potongan – potongan sitar yang sudah tidak terpakai.

Modernisasi instrumen ini diprakarsai oleh murid dari “dewa” sitar Ravi Shankar, Tony. Tony pernah membantu Ravi ketika sang “dewa’ menjalani tur sekitar tahun 1996 – 2000 sebagain pemain alat music tempura dan sebagai mekanik alat music yang dimainkan oleh Ravi Shankar sendiri. Setelah tur berakhir, Tony hijrah ke India, untuk mendirikan bisnis gitar kustom, dan memproduksi sitar – sitar yang berkualitas tinggi.

Tony menggabungkan dua aspek berbeda pada e-sitar miliknya, dimana dia menuangkan kecintaannya terhadap musik barat atau modern, dan alat musik tradisional India, yang menjadikan alat musik ini berkelas serta membawa jenis musik Raga ke level yang lebih tinggi lagi.

Untuk informasi lebih lanjut : karaseksound.com

Sample : www.oddmusic.com

Sumber : www.oddmusic.com

Foto : Tony Karasek Courtesy & www.oddmusic.com

video channel : Sitarfixer's channel & Folkfriends

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner