Duet

Duet "Maut"

Band merupakan sekumpulan orang-orang yang dimana didalamnya terdapat beberapa personil yang memegang alat instrumen, menuangkan ide liar mereka akan kehidupan yang kemudian dijinakan menjadi mahakarya mempesona dan memanjakkan telinga. Sejatinya, kebanyakan band mempunyai lebih dari dua orang, namun para duo grup ini mengkreasi lagu menjadi indah, tak kalah bila dibandingkan dengan sebuah band lainnya. Dari sekian banyak duo grup, berikut beberapa yang sering diperhitungkan karya-karyanya.

Bottlesmoker

Berawal dari persahabatan, Ryan Adzani (Nobie) dan Anggung Suherman (Angkuy) membentuk Bottlesmoker. Kreativitas mereka dalam bermusik sungguh gila, mereka memanfaatkan teknologi sekarang yang dipadu dengan barang-barang elektronik bekas untuk dijadikan instrumen bermusik, sehingga menghasilkan nada-nada indah. Hal terebut membuat mereka melakukan tur ke beberapa negara di Asia Tenggara dan daratan China. Bahkan, Bottlesmoker pernah meraih dua penghargaan dari kompetensi Asia Pasifik atau Asia Pacific Voice Independent Music Awards (AVIMA) di tahun 2010.

Banda Neira

Mengusung aliran nelangsa pop, Banda Neira membawakan lagu-lagu menyenangkan untuk kita dengar berkali-kali dan cukup mudah untuk diingat liriknya. Dibentuk sebagai proyek iseng antara Rara Sekar dan Ananda Badudu pada tahun 2012 silam, sehingga menghasilkan Di paruh Waktu (Ep) dan Berjalan Lebih Jauh (Album), yang dimana ketika launching album mereka, disesaki penonton yang ingin melihat mereka berdendang. Banda Neira begitu sederhana, dimana Rara sebagai penyanyi sesekali memainkan xylophone dan Ananda bermain gitar mengirinya.

Endah n Rhesa

Endah n Rhesa ini yang beranggotakan Endah Widiastuti (vokal dan gitar) dan Rhesa Aditya (bass) ini bukan hanya sebagai duo, melainkan dalam kehidupan nyata mereka adalah sepasang suami istri. Kekompakan mereka yang sudah terjalin sedari tahun 2004 ini sudah menghasilkan beberapa album, The New Beginning (2005), Real Live (2006), Nowhere To Go (repackaged released in year 2009), Real Live wedding album (2009, not for sale), Look What We’ve Found (2010), dan Escape (2013).

Ghaust

Ghaust merupakan band instrumental yang terbentuk sejak tahun 2005. Band yang berpersonilkan Uri (gitar) dan Edward (drum) ini, pada awalnya hanya ingin memainkan musik metal yang berat dan pelan seperti Burning Witch, Corrupted, dan Moss. Ghaust tidak bermain musik indah yang memanjakan telinga, melainkan konsistensi dalam bermain musik, karena Ghaust adalah musik yang lebar dan tak terbatas oleh tembok-tembok bernama “genre”. Penggabungan unsur metal, doom, post rock, dan ambient ini melahirkan sebuah sound menggelegar yang disebut musik Ghaust.

The Experience Brothers

Ketika dua unsur antara Jimi Hendrix dipadukan dengan Led Zeppelin, maka terciptalah The Experience Brothers. Band yang mengusung modern psychedelic rock blues ini, berpersonilkan Bram (vocal dan gitar) dan Daud (back vokal dan drum). The Experince Brothers terlahir tahun 2001 di Bekasi ini telah mengeluarkan dua full album, yakni Summer of Love (2008) dan Eye Contact (2011). Di album Eye Contact itu sendiri dinobatkan oleh Majalah Rolling Stone sebagai salah album terbaik tahun 2011.

Sumber foto:
Endah n Rhesa: metalu-melulu.blogspot.com
Banda Neira: www.whatupz.net
Ghaust: musicrayview.blogspot.com
The Experience Brothers: jimijimz.wordpress.com
Bottlesmoker: Stonebiz.co.id

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner