Coklat Techno

Coklat Techno "Pick Up Gitar "Part II End.

Dalam praktiknya, Pick up Gitar terutama pada gitar elektrik terdiri dari tiga jenis yaitu neck, middle, serta bridge. Ketiga pick-up tersebut dapat berfungsi dengan baik apabila kalian dapat mengaturnya. Oleh karena itu, supaya pick up-nya seimbang, maka sebaiknya ketika dalam posisi bridge, kalian harus menyesuaikan outputnya dengan memilih output yang paling besar. Kemudian, dalam posisi middle sebaiknya kalian memilih output sedang. Lalu, dalam posisi neck, kalian lebih baik memilih output yang medium atau bahkan low.

Satu hal lain yang tak kalah penting dari pick up ini adalah, pick up terbagi kedalam dua macam yaitu pick up aktif dan pick up pasif. Perbedaannya mudah saja kok untuk dibedakan. Pick up pasif adalah pick up yang umum digunakan pada gitar standar dan tidak memerlukan batere untuk bisa berfungsi, dengan menggunakan potensio berukuran 250k atau 500k, untuk female jack output nya menggunakan female jack mono, dan ketika ingin merubah pickup aktif menjadi pasif maka harus mengganti komponen yang ada dan wiringnya.

Sementara Pickup aktif berkarakter lebih sensitif dan bersubstansi lebih panjang dibanding pasif, dan memerlukan tenaga baterai agar bisa berfungsi, untuk potensinya berukuran 25k dan female jack output nya menggunakan female jack stereo yang juga berfungsi sebagai switch on/off batre.

Sekian dari kami, sampai jumpa di coklat techno berikutnya...ciaooo

Sumber Berbagai Literatur

Septian Nugraha

Foto Istimewa

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner