Coklat History

Coklat History "Queercore, Perlawanan Kaum ‘Sakit’" II.End

Edisi pertama terbit di tahun 1985, diisi pernyataan keras yang diberi judul "Don't be gay" yang diterbitkan di fanzine legendaris, Maximum Rock n Roll yang belakangan banyak menginspirasikan terbitnya queerpunk zine lainnya seperti, "Holy Titclamps", "Homocore", "Chainsaw", dan "Outpunk". Dua yang disebut terakhir belakangan bergerak sebagai label rekaman. Zine-zine ini dan pergerakannya dikarakteristikan sebagai alternatif terhadap proses penerimaan prasangka gay dan lesbian, perbedaan gender dan seksualitas sebagai perlawanan terhadap praktek pemisahan yang dilakukan oleh komunitas gay umum, wujud penolakan, dan ketidakpuasan terhadap praktek konsumerisme yang marak diantara kaum gay dan mengajukan etika DIY sebagai gantinya untuk menciptakan budayanya sendiri serta perlawanan terhadap tekanan religius dan politik.

 J.D.s adalah sebuah zine queerpunk yang terbit sebanyak 8 edisi dari tahun 1985 sampai 1991. Pendirinya adalah G.B. Jones dan Bruce LaBruce. G.B. Jones, seorang wanita biseksual Kanada kelahiran Bowmanville, Ontario. Ia seorang seniman, pembuat film, dan musisi. Di awal 1980-an, Jones membentuk band electroclash/riot grrrl punk yang diberi nama "Bunny and The Lakers".

Album pertama band tersebut dirilis tahun 1985, berbarengan dengan terbitnya J.D.s yang merupakan inisial dari Juvenile Deliquents (kriminalitas remaja). Bersama Bruce, Jones menyutradarai dan membintangi film-film underground. Album terakhir "Bunny and The Lakers" diisi oleh lagu yang paling dikenal sekaligus paling kontroversial dari band tersebut yang berjudul, "All Women Are Bitches".

Karya seni grafis dari Jones yang diberi tema "Tom Girl" berupa ilustrasi dari seni fetish dari Tom Finland yang imajinasikan ulang diterbitkan di J.D.s. Belakangan karyanya ini dipamerkan secara luas di Amerika dan belakangan di seluruh dunia. Belakangan diterbitkan sebagai artbook yang tersedia secara luas untuk dibeli di Amerika dan Eropa namun ironisnya, di tanah kelahiran Jones yaitu Kanada, artbook ini di tolak dan secara resmi diberi status "banned".

Oleh: Karel

Dari berbagai sumber

Foto: Istimewa

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner