Bukan Hanya Tentang Manggung di Luar, Tapi Mengukir Sejarah Speaker First & Woodstock (Part 1)

Bukan Hanya Tentang Manggung di Luar, Tapi Mengukir Sejarah Speaker First & Woodstock (Part 1)

48 tahun yang lalu, sebuah festival yang digelar di tanah Paman Sam hingga kini masih menjadi perbincangan di hampir setiap pecinta musik sebagai salah satu festival musik paling bergengsi sepanjang sejarah. Jajaran musisi legendaris dunia mengisi panggung ini. Festival ini juga identik dengan “flower generation” dan hippies”. Apa yang membuat festival ini begitu legendaris?

SETENGAH JUTA PENONTON
Woodstock Festival diinisiasi oleh Michael Lang, John Roberts, Joel Rosenman, dan Artie Kornfeld, digelar pertama kali pada tahun 1969 di Bethel, New York, Amerika Serikat. Tujuan awal digelarnya Woodstock adalah sebagai lahan pengumpulan dana untuk membangun studio rekaman. Karena ada permasalahan lokasi sebulan sebelum tanggal main, acara penggalangan dana ini akhirnya terpaksa menjadi acara bebas berbayar. Seketika, kabar tersebut menyebar dan mendatangkan hampir 500.000 pengunjung, 10x lipat dari yang direncanakan. Konser yang awalnya dilaksanakan pada 15-17 Agustus akhirnya pun diperpanjang hingga tanggal 18.

THREE DAYS OF PEACE AND MUSIC
Acara yang identik dengan “flower generation” dan “hippies” ini bukan sekedar tentang obat-obatan dan seks bebas, tapi cerminan dari semangat perdamaian. Pada era itu, sedang gencar-gencarnya gerakan “make love, not war” terkait berlangsungnya Perang Vietnam. Woodstock menjadi wujud dari gerakan anti-perang tersebut, ketika musik bisa menyatukan perbedaan yang ada. Woodstock pun dikenal dengan sebutan “Three Days Of Peace And Music”.

PENAMPILAN SEPANJANG MASA
Lebih dari 30 musisi mengisi panggung Woodstock 1969. Sebagian telah menyandang nama besar pada saat itu, dan ada pula yang menjadi tenar setelah tampil di acara ini. Joan Baez, Jefferson Airplane, Country Joe and The Fish, The Who, Janis Joplin, dan tidak lupa alunan gitar listrik yang memukau dari Jimi Hendrix ketika membawakan The Star-Spangled Banner.

Rolling Stone mencatat Woodstock Festival sebagai satu dari 50 fenomena yang mengubah sejarah rock and roll. Keberangkatan Speaker First untuk mengisi Woodstock Festival Poland 3 Agustus 2017 mandatang bukan hanya sekedar bukti bahwa musik yang dimiliki Tanah Air memang berkualitas. Lebih luasnya lagi, Speaker First berhasil menjadi bagian dari salah satu rangkaian sejarah festival musik yang paling legendaris.

sumber foto: www.woodstock.com

View Comments (1)

Comments (1)

  • THISPLACE
    THISPLACE
    29 Jul 2017
    mantap
You must be logged in to comment.
Load More

spinner